Tingkatkan Kemampuan Belajar dengan Keterampilan Listening

0 30

Tangerang, BSINews – Tingkatkan kemampuan belajar dengan keterampilan listening agar kemampuan mendegarkan para peserta didik terus terasah, dan membuat mereka berhasil mentransformaskani pengetahauan.

Dosen Fakultas Komunikasi dan Bahasa Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) melakukan pengabdian masyarakat bertajuk ‘Pemanfaatan Media Youtube dalam Meningkatkan Keterampilan Mendengarkan dalam Memahami Cerita Pendek Bahasa Inggris’, Ahad (12/9).

Baca juga: HIMASI UBSI Tasikmalaya Gelar Pengabdian Masyarakat” bersama Pengcab Taekwondo Kota Tasikmalaya

Tingkatkan Kemampuan Belajar

Fiza Asri Fauziah Habibah selaku dosen Universitas BSI yang melakukan pengabdian masyarakat, mengatakan bahwa, kegiatan ini sebagai usaha untuk membantu remaja Masjid Al Muttaqin, Tangerang, dalam tingkatkan kemampuan mendengarkan (listening) dalam belajar.

“Mendengarkan (listening) merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang harus dikuasai tiap orang, terutama pelajar,” ujarnya.

Lanjutnya, belakangan ini begitu banyak proses kegiatan belajar mengajar yang tidak berhasil mentransformasi pengetahuan, karena kurangnya keterampilan mendengarkan dari peserta didik.

“Oleh karena itu, materi yang disampaikan pada kegiatan kali ini, meliputi tips-tips apa saja yang bisa digunakan untuk memudahkan para pelajar. Salah satunya dalam memahami isi dari cerita pendek yang disampaikan,” pungkasnya.

Baca juga: Dosen Universitas BSI Ajarkan Pengelolaan Uang Kas ke Pengurus Masjid

Ia mengatakan, presentasi materi yang berlangsung daring ini, dimulai dengan menjelaskan tips keterampilan mendengarkan.

“Kemudian dilanjutkan dengan memperdengarkan sebuah cerita pendek dan meminta para peserta untuk mempraktikkan tips yang telah dijelaskan dengan mengisi soal-soal yang diberikan,” terangnya.

Ia menjelaskan, hal ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana para peserta memahami isi dari cerita pendek yang telah disampaikan. (UMF)

Leave A Reply

Your email address will not be published.