Langkah Hebat Kuasai Digital Marketing Menggunakan Aplikasi Canva

1 61
Digital Marketing
Foto : Pengabdian Masyarakat Menggunakan Canva

Jakarta, BSINews – Desain grafis menjadi salah satu elemen penting dalam dunia digital marketing. Sebab dengan menguasai digital marketing akan memudahkan dalam melakukan kegiatan digital marketing dengan menggunakan berbagai media.

Dosen program studi (prodi) Teknologi Informasi fakultas Teknologi Informasi Universitas BSI (Bina Sarana Informatika), melangsungkan kegiatan Pengabdian Masyarakat. Suparni selaku ketua kelompok bersama anggota pengabdian masyarakatnya, memberikan pelatihan pemanfaatan aplikasi canva untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) pengurus Masjid As- Salam.

Dalam kegiatan digital marketing yang berlangsung pada Sabtu (25/9) lalu para pengurus Masjid As Salam, Ahmad Al Kaafi selaku tutor menyampaikan bahwa sekarang ini banyak sekali software/aplikasi yang memiliki fitur dalam mendesain konten visual untuk media sosial.

Baca Juga : Pentingnya Digital Marketing, Sebagai Sarana Promosi dan Pemasaran di Era Sekarang

“Tak perlu khawatir, kita bisa membuat desain grafis dengan lebih mudah, maka canva solusinya. Canva dapat membantu kita membuat desain tanpa perlu menginstall aplikasinya,” tutur Ahmad, Sabtu (25/9) lalu.

Ia menjelaskan, di dalam tools canva, juga banyak terdapat desain dan animasi yang bisa dengan mudah kita sunting di dalamnya tanpa perlu mendesainnya dari awal.

“Canva sendiri merupakan salah satu aplikasi desain grafis yang berbasis online dan bisa diakses menggunakan mobile maupun desktop. Berbeda dengan adobe photoshop ataupun corel draw yang mana paling tidak harus memiliki pengetahuan tentang desain,” pungkasnya.

Ia memaparkan, ada beberapa keuntungan yang didapat dalam menggunakan canva diantaranya bisa digunakan pada semua jenis perangkat baik smartphone, PC maupun laptop dan bisa diakses kapan saja asal tersambung dengan koneksi internet.

“Kemudian manfaat lainnya yaitu bisa digunakan oleh beberapa orang sekaligus pada satu lembar kerja, fiturnya mudah digunakan dan memiliki banyak template,” paparnya.

Dalam canva, ada beberapa jenis konten visual yang bisa dibuatnya seperti logo, poster, featured image blog, infografik, newsletter, konten media sosial, thumbnail youtube, desain kemasan produk, dan invoice.

“Canva juga kaya akan fitur-fitur yang menarik, misalkan template siap pakai, ratusan icon dan ilsutrasi, memori penyimpanan luas hingga 1 GB, kustomisasi teks, background yang bervariasi, tips dan trik, animasi, duplikasi, bagikan dan unduh, filter dan terakhir ekstra konten,” terangnya.

Disisi lain ketua kelompok pengabdian masyarakat, Suparni menyampaikan bahwa teknologi semakin canggih, membuat semuanya bisa berkreasi tanpa harus memiliki kemampuan dasar tertentu.

“Diharapkan pelatihan ini mampu menginspirasi para pengurus Masjid As Salam dalam menghadapi situasi pandemi covid-19 seperti sekarang,” ucap Suparni, Ahad (25/9) lalu.

Ia menambahkan, khususnya pengembangan konten media sosial dengan memanfaatkan desain grafis dan aplikasi canva guna mempermudah merancang berbagai jenis desain untuk pengembangan konten kegiatan digital marketing Masjid As Salam di media sosial.

Baca Juga : Cara Belajar Digital Marketing Dari Aplikasi TikTok

“Kami mengucapkan terima kasih kepada pengurus masjid dan para peserta atas kerja sama-nya sehingga pelatihan ini dapat berlangsung dengan baik. Pelatihan ini merupakan salah satu sumbangsih kami dalam mewujudkan Tri Dharma Perguruan Tinggi,” tukasnya.

Dicky selaku perwakilan Pengurus Masjid As Salam menanggapi hal tersebut. Ia mengatakan bahwa pelatihan seperti ini sangat bernilai bagi Masjid As Salam. Terlebih lagi pengurus Masjid ini memang masih banyak yang belum tahu tentang pembuatan desain dan pengembangan konten.

“Semoga pelatihan digital marketing seperti ini dapat berkelanjutan, agar para pengurus Masjid di sini bisa bertambah wawasannya mengenai pemanfaatan teknologi komputer yang selalu berkembang pesat dan juga dalam hal peningkatan kualitas sdm pengurus Masjid As Salam tentunya,” tandas Dicky, Sabtu (25/9) lalu.

1 Comment
  1. […] Baca Juga: Langkah Hebat Kuasai Digital Marketing Menggunakan Aplikasi Canva […]

Leave A Reply

Your email address will not be published.