Prodi Humas UBSI Gelar Webinar Strategi Penulisan dan Publikasi Internasional

2 52

webinar percepatan publikasi bagi dosen

Jakarta, BSINews – Dalam rangka percepatan peningkatan publikasi internasional bereputasi, Prodi Hubungan Masyarakat Universitas Bina Sarana Informatika gelar webinar dengan tema “Strategi Penulisan dan Publikasi Internasional Bereputasi“.

Kegiatan yang diikuti oleh para dosen di lingkungan Fakultas Komunikasi dan Bahasa dari berbagai Program Studi menjadi geliat baru dalam melebarkan sayap penulisan publikasi ilmiah.

Baca Juga : Pentingnya Publikasi Dalam Kegiatan

Pemateri webinar yakni Dr. Ulani Yunus dari Binus University memaparkan “hal yang perlu dilakukan diawal saat pembuatan artikel internasional adalah pikirkan terlebih dahulu tentang topik atau kepakaran yang biasa ditulis dan harus konsiten dengan jurnal yang sudah publis agar menjadi road map penelitian. Di samping itu, ia juga menambahkan perlu memperhatikan masing-masing jurnal, misalnya penggunaan font, gaya selingkung dan lain-lain sebagaimana ketentuan masing-masing jurnal“.

Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Dr. Ani Wijayanti, MM.M.Par menambahkan bahwa “dalam menulis dibutuhkan konsisten, sebab dalam perjalanannya akan banyak hal yang akan kita lewati, bolak balik ke reviwer hingga nantinya paper kita dinyatakan layak publish. Intinya jangan pernah menyerah untuk bisa tembus scopus“.

Kegiatan yang ikuti kurang lebih 116 dosen berlangsung selama 2 jam yakni pukul 10.00 s/d 12.00 wib. Di pandu oleh Dr. Fifit Fitriansyah, M.Pd yang bertindak sebagai Moderator dalam kegiatan webinar memberikan simpulan bahwa menulis artikel ilmiah sudah merupakan kewajiban sebagai dosen.

Tidak hanya dalam rangka pemenuhan Tri Dharma Perguruan Tinggi tetapi juga sebagai bentuk eksistensi di dunia pendidikan.

Baca Juga : Dosen UBSI Siap Publikasi Artikel Ilmiah Internasional Bereputasi 2021

Tidak terkecuali dengan jurnal internasional bereputasi, ini tentunya bukan lagi hal baru bagi dosen, tetapi untuk bisa publis di jurnal internasional bereputasi bukanlah hal yang mudah, selain dibutuhkan konsistensi dalam menulis tetapi juga kita perlu jeli dalam memahami bagaimana tulisan dapat publish.

Untuk dapat tulisan kita dilirik oleh Scopus terutama bagi kita di bidang Sosial Science maka perlu membuat sebuah tulisan yang menaik dan unik sehingga menarik minat para editor jurnal internasional untuk mempublish tulisan kita, tambah Dr. Ulani di akhir-akhir acara webinar.

2 Comments
  1. […] Baca Juga : Prodi Humas UBSI Gelar Webinar Strategi Penulisan dan Publikasi Internasional […]

  2. […] Baca Juga : Prodi Humas UBSI Gelar Webinar Strategi Penulisan dan Publikasi Internasional […]

Leave A Reply

Your email address will not be published.