HIMASA Universitas BSI Wujudkan Organisasi Aktif dan Produktif Berbasis Digital di Masa Pandemi Covid-19

0 29
HIMASA Universitas BSI
Dok. HIMASA Universitas BSI

JAKARTA, BSINews – Awal masa perkuliahan, menjadi momen paling ditunggu oleh mahasiswa baru (maba). Dalam Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Universitas BSI (Bina Sarana Informatika), juga menggelar kegiatan pengenalan organisasi mahasiswa (Ormawa), yang salah satunya dari Himpunan Mahasiswa Sistem Informasi Akuntansi (HIMASA).

Ormawa, mempunyai peran sangat penting dalam kehidupan mahasiswa di kampus. Pasalnya, saat bergabung didalamnya, bisa memberikan softskill bagi mahasiswa, untuk meningkatkan potensi dirinya semasa kuliah.

Baca Juga : Gelar BKOT, Universitas BSI Tegal Satukan Visi Masa Depan Maba dengan Orang Tua

Pengenalan HIMASA Universitas BSI

Tentu saja, hal tersebut, akan berguna bagi maba setelah lulus kuliah, atau berlatih menjadi bagian dari perubahan, sebagai agent of change. Kegiatan pengenalan HIMASA dan ormawa Universitas BSI lainnya, berlangsung secara daring, melalui zoom, pada Sabtu (25/9) silam.

Ketua HIMASA Universitas BSI, Ririn Karina memimpin pengenalan ormawa, dengan memberitahukan, kegiatan apa saja, yang dilaksanakan saat bergabung dengan HIMASA. Menurutnya, HIMASA selalu menyelenggarakan kegiatan ekstra kurikuler yang bersifat penalaran dan keilmuan, serta kegiatan pengembangan yang bersifat ko-kurikuler.

“Kegiatan ko-kurikuler seperti pengabdian masyarakat, kunjungan ilmiah, seminar motivasi, workshop zahir dan lainnya,” ujar Ririn, saat kegiatan berlangsung.

Sementara itu, Sinta Febriani, wakil ketua HIMASA Universitas BSI, menerangkan manfaat bagi para maba, saat bergabung dengan himpunan. Dalam paparan materinya, ia menyebutkan, jika bergabung akan mendapatkan manfaat dari kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan.

“Pertama kalian akan punya pemahaman dalam mengurus organisasi. Lalu akan mampu meningkatkan kepercayaan diri dalam berkomunikasi dan berpendapat. Selain itu, juga akan meningkatkan kreativitas mahasiswa dalam ilmu seni, sehingga akan menemukan kepercayaan diri, dalam menunjukkan bakat,” ujar Ririn.

Di sela-sela acara, Ririn mengajak para maba yang berpartisipasi, melakukan sharing session, dari kegiatan-kegiatan yang telah digelar HIMASA prodi Sistem Informasi Akuntansi (SIA), Universitas BSI. Selain itu, di masa pandemi COVID-19 ini, HIMASA Universitas BSI ini, menurut Ririn, selalu aktif melaksanakan kegiatan, berbasis digital.

“Kami juga ikut menyesuaikan, dan memanfaatkan platform digital, untuk kegiatan-kegiatan di himpunan. Jangan sampai, adanya pandemi menjadikan kita hanya berdiam saja, tanpa melakukan apa-apa,” jelasnya.

Baca Juga : Universitas BSI Ajak Maba Tetap Eksis di Media Sosial Dikala Pandemi

Adi Supriyatna, ketua prodi SIA Universitas BSI mengatakan, HIMASA hadir sebagai wadah yang mampu mengeluarkan ide-ide serta pendapat, dari para mahasiswa.

“Mereka harus berkembang, secara personality, tidak hanya keilmuannya saja saat berkuliah. Himpunan, akan meng-create mahasiswa agar punya kemampuan untuk berkoordinasi secara baik, dan bisa menjadi agen perubahan di masyarakat. Itu bisa terwujud dari kegiatan-kegiatan yang digelar di HIMASA,” ungkap Adi, saat diwawancarai melalui pesan whatsApp, Senin (4/10).(Dinar)

Leave A Reply

Your email address will not be published.