Pemanfaatan Media Sosial Secara Proaktif dan Produktif, Bisa Tangkal Informasi tak Berguna

0 216

Pengabdian Masyarakat

Karawang, BSINews – Pengabdian masyarakat, menjadi salah satu kewajiban yang dijalankan dosen, dalam pengamalan Tri Dharma Perguruan Tinggi, disamping pengajaran dan penelitian.

Kali ini, dosen Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) kampus Karawang, melangsungkan kegiatan Pengabdian Masyarakat (PM), bekerja sama dengan LKSA Nurul Iman Karawang, pada Sabtu (9/10), secara daring melalui zoom.

Baca Juga : Dosen Universitas BSI Berikan Cara Membuat Laporan Keuangan yang Simpel

Tak hanya para dosen, kegiatan PM juga melibatkan mahasiswa yang berasal dari Prodi Akuntansi. Yuni Siti Nuraeni, ketua pelaksana PM mengatakan, kegiatan kali ini bertemakan tentang pemanfaatan media sosial (medsos).

Dalam tema tersebut, para dosen Universitas BSI menerangkan pengaruh positif dari penggunaan medsos di kehidupan sehari-hari.

“Tema yang kami ambil tentang Pemanfaatan Media Sosial secara Proaktif dan Produktif bagi anak didik di LKSA Nurul Iman Karawang. Kami berharap, dari tema ini, bisa memberikan penggunaan media sosial ke arah yang positif,” kata Yuni.

Ia menuturkan, generasi muda sekarang, tak bisa lepas dari gawai. Sehari-harinya, mereka lebih banyak menghabiskan waktu main gawai untuk bermedia sosial.

“Jadi tak heran, jika sekarang banyak sekali yang terpengaruhi dari media sosial. Apa yang ditampilkan disana (medsos) bisa dengan mudah ditiru oleh mereka,” ujarnya.

Jika tidak dalam pengawasan, para generasi muda akan mudah terpengaruh dengan hal buruk saat berselancar di dunia maya. Terlebih, dalam menangkap informasi yang bisa menyesatkan mereka, yang diterima di medsos.

“Banyak pihak-pihak tidak bertanggung jawab menggunakan media sosial untuk hal-hal yang tidak seharusnya. Contoh saja seperti menipu, berkomentar atau memposting sesuatu dengan kata-kata kasar bahkan menyebarkan berita hoax,” jelasnya.

Yuni dan tim berharap, dengan adanya sosialisasi ini, para pemuda/i tidak terlibat dalam pemanfaatan medsos secara negatif, dan bisa menangkal dari asupan informasi yang tak berguna.

Baca Juga : Pengembangan Konten Video Sebagai Media Sosialisasi Masjid

“Oleh karena itu diharapakan para anak didik melalui pelatihan ini, dapat memanfaatkan akun media sosial mereka lebih proaktif dan produktif sebagai sarana untuk mendapatkan, serta menebar informasi yang bermanfaat,” papar Yuni.

Dalam kesempatan ini pula, para dosen Universitas BSI, memberikan kenang-kenangan yang diterima langsung oleh perwakilan dari pihak LKSA Nurul Iman.(MKU)

Leave A Reply

Your email address will not be published.