Dosen Universitas BSI Beri Pelatihan E-Marketing Untuk Tingkatkan Peluang Usaha

0 48
dosen universitas bsi
dosen universitas bsi

Depok, BSINews–Dosen Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) program studi (prodi) Sistem Informasi Akuntansi (SIA) telah menyelenggarakan kegiatan pengabdian masyarakat (PM) di Koperasi Wanita Atsiri Citayam, Sabtu (25/9) lalu secara daring pukul 08.00 hingga 10.00 WIB.

Koperasi Wanita Atsiri Citayam berdiri sejak 11 Desember 2011. Setahun kemudian, Koperasi Wanita Atsiri Citayam telah memiliki NIK 3201220040001 dengan No Badan Hukum: 518/277/BH/KPTS/DISKOPERINDAG/VI/2012 tepat pada tanggal 18 April 2012.

Baca juga: UBSI Memperkenalkan Social Media Engagement di Instagram dalam Pengabdian Masyarakat

Dosen Universitas BSI

Dilihat dari jenis usahanya, koperasi ini termasuk dalam jenis koperasi konsumen yang melayani simpan pinjam dan penjualan sembako. Jumlah anggota dari koperasi tersebut ini sebanyak 90 orang yang terdiri dari berbagai macam latar belakang pekerjaan, termasuk para pengusaha UMKM. Adanya pertemuan rutin digunakan sebagai salah satu ajang menjaga silaturahmi dan saling bertukar informasi terutama bagi pengusaha UMKM.

Indra Riyana Rahadjeng selaku ketua pelaksana kegiatan mengatakan anggota koperasi mayoritas ibu rumah tangga yang mempunyai usaha home industri seperti tanaman herbal, kue tradisional, makanan dan minuman ringan serta kerajinan tangan, dan banyak yang masih belum mengetahui cara meningkatkan peluang usaha serta memaksimalkan melalui media sosial.

“Maka kami, tim dosen Universitas BSI yang terdiri dari Adi Supriyatna, Lydia Salvina Helling, Ida Imayatul Choiroh, dan Rena Rosdiana sebagai anggota mengadakan program pelatihan ini yang juga merupakan bagian dari bentuk tri dharma perguruan tinggi. Dan program pelatihan ini juga memang yang dipilih oleh anggota koperasi, karena dianggap penting dan diharapkan dapat lebih meningkatkan peluang usahanya dengan cara memanfaatkan media sosial yang dapat diakses melalui smartphone maupun laptop yang merek miliki,” ujarnya.
Sementara itu, Endang Wahyudi selaku narasumber menjelaskan tehnik pemasaran secara online dan teknik-teknik berpromosi melalui media sosial.

Baca juga: Pengabdian Masyarakat Pelatihan Aplikasi Zahir Accounting Versi 6 Untuk Penyusunan Laporan Keuangan Pada TPQ Darul Hikmah

“Yang harus dilakukan yakni tentukan dahulu target dari pasar produk yang akan dijual, lakukan riset kompetitor, tentukan tujuan promosi, rajin post produk di media sosial yang sudah dipilih kemudian jangan lupa untuk terus perkenalkan toko online di beberapa media sosial yang dimiliki,” paparnya.

Salah satu peserta, Adiyati mengungkapkan rasa senang dapat mengikuti kegiatan pelatihan ini, sebab dengan ikut kegiatan ini wacana pengetahuannya dapat terbuka luas.

“Senang, dapat ikut kegiatan ini. Saya semakin tahu dan bertambah wawasannya, serta semakin semangat untuk mengembangkan usaha saya melalui media sosial yang saya miliki,” ungkapnya. (UMF)

Leave A Reply

Your email address will not be published.