Pemanfaatan Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran Daring

1 86
pemanfaatan google classroom

Depok, BSINews—Pemanfaatan google classroom sebagai solusi dalam pembelajaran daring selain zoom. Dosen Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) telah melaksanakan pelatihan berupa kegiatan pengabdian masyarakat (PM). Kegiatan ini mengambil tema “Pemanfaatan Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran Daring dimasa Pandemi Covid-19”, pada sabtu (18/9) silam.

Kegiatan PM yang dilakukan tim dosen program studi (prodi) Teknologi Informasi (TI) yang terdiri Wati Erawati, Haryani, Priatno, Sofian Wira Hadi berlangsung secara daring dengan peserta pengurus serta pengajar TPQ Darul Hikmah, yang masih berada di lingkungan Masjid Jami’ Darul Hikmah, Kelurahan Pangkalan Jati, Kecamatan Cinere Kota Depok.

Baca juga: Pengabdian Masyarakat Pelatihan Pembuatan Laporan Keuangan berdasarkan SAK EMKM

Pemanfaatan Google Classroom

Maulana Idrus, perwakilan dari TPQ Darul Hikmah menyampaikan saat ini pengajar TPQ Darul Hikmah belum dapat melaksanakan pembelajaran jarak jauh atau dalam jaringan (daring) karena keterbatasan para pengajar dan orang tua siswa dalam pemanfaaatan Teknologi Informasi.

“Kebutuhan pokok TPQ Darul Hikmah adalah pemanfaatan Teknologi Informasi untuk  pembelajaran jarak jauh yang menarik minat belajar para siswa,” ungkapnya.

Sementara itu, Wati Erawati selaku ketua tim pelaksana menuturkan bahwa keberadaan TPQ Darul Hikmah memiliki peranan penting dalam membangun moral dan akhlak siswa dilingkungan, sehingga dengan adanya pelatihan pemanfaatan google classroom menjadi sarana pembelajaran dan menambah keterampilan pengajar TPQ Darul Hikmah.

“Semoga kegiatan ini dapat membantu pengajar dalam memberikan pembelajaran secara cepat dan mudah,” katanya.

Selanjutnya, Sofian Wira Hadi selaku tutor menjelaskan google classroom adalah platform gratis yang berbasis web, dibuat mempermudah kegiatan pembelajaran pendidik dan siswa.

Baca juga: Peran Akuntansi Bantu Tingkatkan Pemberdayaan Ekonomi Bagi UMKM Naik Kelas

“Pengajar yang sudah mempunyai akun email di google, dapat langsung login pada email google, kemudian pengajar dapat menggunakan fasilitas yang disediakan google yaitu classroom dengan membuat kelas dan membagikan kode kelas kepada siswa guna bergabung dan membagikan materi pembelajaran,” paparnya.

Lalu, lanjutnya menjelaskan pengajar dapat melakukan pemantauan kemajuan pembelajaran dengan memberikan komentar.

“Materi yang disampaikan secara tahap demi tahap pada setiap bagian dari google classroom. Juga melakukan penilaian,” tandasnya. (UMF)

1 Comment
  1. Untari says

    semenjak pake google classroom jadi lebih mudah memantau tugas dan materi buat sekolah anak

Leave A Reply

Your email address will not be published.