Tips Menulis Berita yang Baik dan Benar dengan Mudah

0 0

JAKARTA, BSINews – Penyampaian informasi melalui tulisan, bisa menyasar lebih banyak kalangan. Terutama di era digital ini, sangat mudah mendapatkan informasi di internet melaui tulisan. Namun, dalam menulis di media online, baik di portal media maupun di sosial media, ada cara agar informasi tersebut bisa tersampaikan dengan baik. Untuk itu Dosen Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) berikan tips menulis berita yang baik dan benar dengan mudah.

Dalam memberikan wawasan kepada masyarakat dan berbagi tips menulis berita secara baik dan benar sesuai dengan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI), dosen Fakultas Komunikasi dan Bahasa Universitas BSI mengadakan kegiatan pengabdian masyarakat. Kegiatan ini berlangsung kepada mitra warga RW 001 Kelurahan Kampung Bali, Tanah Abang Jakarta Pusat, secara daring, lewat zoom, pada Sabtu (09/10).

Baca Juga : Kiat dan Strategi Menulis Press Release Agar Disukai Media

Adityo Fajar selaku ketua pelaksana mengatakan, cepatnya informasi yang didapat, bisa membuat masyarakat dengan mudah untuk di share ke orang lain. Dari hal itu, tulisan tersebut bisa berpotensi sebagai berita hoax.

“Dengan memberikan pelatihan ini, saya beserta tim berharap agar warga dapat menangkal berita hoax dengan dengan diberikan pembekalan informasi seputar tulisan yang baik dan benar sesuai PUEBI,” jelasnya.

Tips Menulis Berita Agar bisa Menjadi Citizen Journalism

Adityo juga menjelaskan bahwa selain membantu mitra untuk membedakan antara berita hoax dan bukan dari sisi penulisan, dirinya dan tim juga memberikan tips menulis berita yang benar. Serta membekali mitra untuk berlatih menjadi citizen journalism.

“Setiap orang dengan bidang ilmu apapun dapat menjadi seorang jurnalis, dengan terus berlatih dan mengembangkan skill, maka tidak ada yang tidak mungkin. Melalui pelatihan penulisan ini, diharapkan dapat menambah wawasan warga untuk dapat memfilter antara berita yang real dengan yang hoax,” jelas Adityo.

Baca Juga : Dosen UBSI Berikan Tips Mudah Cara Menulis Berita Online

Sementara itu, Apriyadi selaku ketua Rw 001 Kelurahan Kampung Bali, menuturkan, kegiatan pelatihan tips menulis berita ini menjadi momen yang tepat terutama di masa pandemi saat ini, semua aktivitas dilakukan serba daring. Kemahiran dan kecerdasan yang tepat dalam mengonsumsi media sangat dibutuhkan agar terhindar dari kesesatan berita hoax.

“Saat ini kan segala aktivitas banyak dilakukan secara online, membaca berita kebanyakan juga dari hanphone, tidak hanya itu saja banyak juga yang menggunakan media sosial untuk hiburan dan informasi. Sehingga kalau tidak pintar menggunakan media terkadang menjerumuskan, terutama untuk membedakan mana berita yang benar dengan yang hoax. Dengan pelatihan ini, diharapkan dapat membekali warga menangkal berita hoax,” imbuh Apriyadi. BLL/RDX

Leave A Reply

Your email address will not be published.