Dosen Universitas BSI Beri Pelatihan Pada Kelompok Binaan

0 3
dosen Universitas BSI
dosen Universitas BSI

Bogor, BSINews — Dosen Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) beserta mahasiswa program studi (prodi) Sistem Informasi (SI) melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat (PM) kepada kelompok tani, komunitas dan UMKM binaan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Bogor, pada Sabtu (9/10) lalu.

Kegiatan ini dilakukan oleh tim dosen Universitas BSI yang terdiri dari Nuzuliarini Nuriz, Dinda Ayu Muthia, Ida Darwati dan Hilda Amalia. Pelatihan dimulai pada pukul 10.00 hingga 12.00 WIB. Diikuti sebanyak 20 peserta.

Baca juga: Pengabdian Masyarakat Pelatihan Aplikasi Zahir Accounting Versi 6 Untuk Penyusunan Laporan Keuangan Pada TPQ Darul Hikmah

Dosen Universitas BSI

Nuzuliarini Nuriz, selaku ketua pelaksana kegiatan mengatakan, mitra kali ini yaitu Bappeda, menginginkan pengetahuan mengenai pembuatan kemasan produk untuk mendukung kegiatan usaha yang dilakukan oleh kelompok tani, komunitas dan UMKM binaan Bappeda.

“Untuk mendukung dan turut memberikan kontribusi kepada masyarakat, maka dosen dan mahasiswa melaksanakan pengabdian masyarakat dengan tema pelatihan pembuatan kemasan produk dengan menggunakan Canva. Dan Pelatihan dilakukan secara online sebab kondisi masih pandemi,” ungkapnya.

Selanjutnya, Dinda Ayu Muthia selaku tutor menyampaikan, Canva merupakan aplikasi desain grafis yang sangat populer di kalangan masyarakat. Khususnya bagi para desainer. Banyak orang yang memanfaatkan aplikasi ini untuk mendesain logo, brosur, membuat template ataupun yang lainnya.

“Mendesain kemasan produk juga bisa dibuat dengan sangat mudah menggunakan aplikasi Canva. Sebab aplikasi ini sangat mudah digunakan, meskipun oleh pemula. Canva juga dapat diakses dengan mudah, baik itu melalui desktop ataupun mobile,” ujarnya.

Baca juga: HIMASI UBSI Tasikmalaya Gelar Pengabdian Masyarakat” bersama Pengcab Taekwondo Kota Tasikmalaya

Sementara itu, Rudy Mashudi sebagai kepala BAPPEDA Kota Bogor, memberikan apresasi setinggi-tingginya untuk dosen Universitas BSI yang telah melaksanakan pengabdian masyarakat ini, sehingga dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan kelompok tani, komunitas dan UMKM Binaan Bappaeda Kota Bogor.

“Dengan meningkatnya pengetahuan dan keterampilan mereka, secara tidak langsung dapat meningkatkan pendapatan mereka juga.. Terimakasih atas ilmu dan pengetahuannya, dan diharapkan kegiatan semacam ini dapat terus berlanjut, sehingga keterampilan para peserta akan terus meningkat,” tutupnya. (UMF)

Leave A Reply

Your email address will not be published.