Pentingnya Manajemen Pajak Pada UMKM

0 56
pentingnya manajemen pajak
pentingnya manajemen pajak

Jakarta, BSINews–Pentingnya manajemen pajak pada Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Perkumpulan Perempuan Wirausaha Indonesia (PERWIRA). Manajemen perpajakan secara umum dapat didefinisikan sebagai usaha menyeluruh yang diupayakan oleh wajib pajak agar segala hal yang berkaitan dengan perpajakan dapat dikelola dengan efektif, efisien, dan ekonomis.

Dosen Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) gelar kegiatan pengabdian masyarakat (PM) yang merupakan salah satu tri dharma perguruan tinggi dan harus dilakukan bagi dosen dan mahasiswa. Tim dosen dan mahasiswa Universitas BSI program studi Manajemen yang terdiri dari Eigis Yani Pramularso, Susan Rachmawati, Imelda Sari beserta dua mahasiswa yakni Hana Luthfia dan Wiji Rahayu melaksanakan kegiatan PM ini pada Sabtu (16/10) secara daring.

Baca juga: Pengabdian Masyarakat Pelatihan Aplikasi Zahir Accounting Versi 6 Untuk Penyusunan Laporan Keuangan Pada TPQ Darul Hikmah

Pentingnya Manajemen Pajak

Eigis Yani Pramularso, selaku ketua pelaksana menjelaskan bahwa PM ini didasari pengetahuan yang masih kurang mengenai manajemen pajak dikarenakan akses dan motivasi yang masih rendah untuk memahami tentang manajemen pajak tersebut oleh pelaku UMKM.

“Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman manajemen pajak secara umum sehingga peserta dapat menerima pengetahuan baru tentang manajemen pajak dan memberikan solusi manajemen pajak yang tepat terkait dalam pengelolaan keuangan usaha,” ujarnya.

Tentunya, diharapkan kegiatan ini bermanfaat dan memberi motivasi pentingnya manajemen pajak pada UMKM Perkumpulan Perempuan Wirausaha Indonesia (PERWIRA), mengenai perpajakan ini tentu dunia usaha tidak sekedar mengenal saja tetapi perlu pemahaman yang lebih rinci.

Sementara itu, Susan Rachmawati selaku tutor memaparkan mengenai pentingnya manajemen pajak yang tepat terkait dalam pengelolaan keuangan usaha dan tentunya juga  memberi motivasi pentingnya manajemen pajak pada UMKM.

“Pemahaman pentingnya manajemen pajak menjadi lebih optimal dan pengelolaan keuangan keseluruhan diharapkan kedepannya menjadi lebih tepat lagi,” katanya.

Baca juga: Universitas BSI Jalin Kerjasama Bidang Pengabdian Masyarakat Dengan LKSA Nurul Iman Karawang

Dengan terlaksananya kegiatan PM ini dapat membantu dan meningkatkan pemahaman manajemen pajak khususnya bagi UMKM Perkumpulan Perempuan Wirausaha Indonesia (PERWIRA) sehingga mampu menerapkan manajemen pajak yang tepat yang meliputi pengertian, tujuan, fungsi, dan syarat manajemen perpajakan yang baik.

Selain itu pemahaman tentang teknik melakukan manajemen perpajakan seperti membuat rekonsiliasi data akuntansi dan membuat sistem administrasi keuangan. (UMF)

Leave A Reply

Your email address will not be published.