Apa Itu Literasi Digital? Ini Manfaat dan Cara Penerapannya Bagi Komunitas

0 15

pengabdian masyarakat

Tangerang, BSINews – Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) berupaya melakukan kegiatan pengabdian masyarakat dengan mengusung tema ‘Literasi Digital’ yang dilakukan secara online melalui zoom meeting, pada Sabtu (09/10) kemarin.

Kelompok pengabdian masyarakat ini, terdiri dari dosen yang diketuai oleh Susanti serta dibantu oleh Irwin Ananta Vidada, Seno Sudarmono Hadi, dan Syukron Sazly, serta mahasiswa.

Baca Juga : UBSI Memperkenalkan Social Media Engagement di Instagram dalam Pengabdian Masyarakat

Susanti mengatakan, kegiatan program pengabdian masyarakat yang ditujukan kepada peserta Pemuda Batak Bersatu (PBB), Cengkareng ini, bertujuan untuk memberikan pandangan dan wawasan mengenai literasi digital dalam pengaplikasiannya pada aktivitas pelaksanaan kegiatan organisasi.

ia menambhakan, melalui kegiatan penyuluhan ini, komunitas pemuda batak bersatu dapat mengambil manfaat dengan menggunakan media sosial baik secara individu maupun organisasi secara arif dan bijak. Demikian pula dalam menyampaikan kepentingan dan informasi organisasinya melalui media sosial agar tidak melanggar dengan norma dan aturan yang berlaku guna menjauhkan individu setiap anggota dan organisasi dari timbulnya konflik dan permasalahan hukum di kemudian hari.

“Pelatihan ini pada dasarnya untuk memperkenalkan penggunakan media Internet secara sehat dengan memahami rambu-rambu bermedia sosial dan beraktivitas memanfaatkan literasi digital agar tidak mudah terjerumus dalam melanggar UU ITE, khususnya bagi komunitas masyarakat ,” jelas Susanti.

Menurut Susanti, melalui pelatihan ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan kepada peserta mengenai pentingnya literasi digital dan bagaimana cara menggunakan media internet guna membantu aktivitas komunitas pemuda batak bersatu.

Baca Juga : Pengabdian Masyarakat Pelatihan Pembuatan Laporan Keuangan berdasarkan SAK EMKM

“Kemampuan literasi digital ini tidak hanya berpaku pada kemampuan dalam mengoperasikan perangkat komputer, tetapi juga disertai dengan kemampuan peningkatan pengetahuan, ketrampilan, kemampuan manajemen dan kemandirian termasuk dalam berwirausaha,” imbuh Susanti.(MKU)

Leave A Reply

Your email address will not be published.