Cara Perhitungan & Pelaporan Pajak Penghasilan Bagi UMKM

0 188

pengabdian-masyarakat

Bogor, BSINews – Dosen prodi Akuntansi Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) mengadakan pengabdian masyarakat (PM) dengan Koperasi Atsiri Citayam, Bogor, Sabtu (25/9) lalu.

PM yang berupa pelatihan perhitungan dan pelaporan pajak penghasilan final PP 23 untuk UMKM ini. dipimpin oleh Siswadi dan beranggotakan Hasanudin, Suhartono, Ninuk Riesmiyantiningtias, Abdurrachman, serta beberapa mahasiswa Universitas BSI.

Baca Juga : Cara Menghitung Pajak Penghasilan (PPh)

Dalam sambutannya, Siswadi menyebut, tujuan dari pelaksanaan PM sebagai pelaksanaan kewajiban Tri Dharma Perguruan Tinggi, serta untuk mengembangkan ilmu kepada masyarakat sesuai bidang kompetensinya.

“Semoga semua peserta dapat mengaplikasikan materi perhitungan dan pelaporan pajak penghasilan final PP 23 untuk UMKM yang telah diberikan bagi kebutuhan koperasi,” tutur Siswadi, (25/9) lalu.

Selanjutnya PM ini dilanjutkan dengan pemaparan materi tentang perhitungan dan pelaporan pajak penghasilan final PP 23 untuk UMKM yang disampaikan oleh Hasanudin.

“Pelaku UMKM yang memiliki omzet 4,8 miliar dalam satu tahun memiliki kewajiban perpajakan tercantum dalam Peraturan Pemerintah (PP) nomor 23 tahun 2018,” pungkas Hasanudin, (25/9) silam.

Ia menjelaskan, kebijakan pemerintah dengan penurunan tarif PPh final dari 1% ke 0.5% dan penyederhanaan perhitungan (tarif dikalikan dengan omzet bulanan) mempermudah pelaku usaha UMKM untuk terus dapat mengembangkan usahanya tanpa mengesampingkan kewajiban perpajakannya.

Baca Juga : Workshop PPH Orang Pribadi Program Studi Manajemen Pajak UBSI Jakarta

“Pajak Penghasilan PP 23 tahun 2018 merupakan jenis PPh Final bagi wajib pajak UMKM,” tandasnya.(MKU)

Leave A Reply

Your email address will not be published.