Beri Pelatihan Tool Orange, Universitas BSI Sukses Adakan Webinar Dalam Pengolahan Data

0 159
Orange
Foto : Pemaparan Materi Menggunakan Tools Orange

Tegal,BSINews – Tool Orange merupakan suatu aplikasi yang dapat digunakan untuk menganalisa data yang mengedepankan Visual Programming (Free Coding) pada data mining.

Data mining menjadi salah satu hal yang penting dilakukan di era society 5.0. Manusia memiliki kumpulan data yang sangat banyak, tetapi sebagian besar data tersebut tidak dapat diolah dengan teknik tradisional.

Melalui kesempatan ini, Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) kampus Tegal mempersembahkan rangkaian kegiatan Pekan Ilmiah Series 4 bertajuk ‘Python For Data Science With Orange’.

Baca Juga : Universitas BSI Sukabumi Gelar Pekan Ilmiah Data Mining For Software Defect

Pekan ilmiah kali ini berlangsung pada Jumat, (15/10) lalu secara daring dengan menghadirkan Anik Andriani sebagai pemateri. Anik merupakan salah satu dosen Universitas BSI yang menguasai bidang pengolahan data data science dengan orange.

Dalam materinya, Anik menjelaskan tentang perbedaan dari data mining dengan artificial intelligence (AI). Menurutnya AI atau kecerdasan buatan merupakan bidang keilmuan yang mempelajari seputar pembuatan intelligent agent dalam komputer.

“Secara singkat, ilmu ini mencari tahu bagaimana membuat komputer yang dapat berperilaku seperti makhluk hidup dengan kecerdasannya,” tutur Anik, Jumat (15/10).

Ia menyampaikan, hal tersebut erat kaitannya dengan simulasi proses pengambilan keputusan. Sedangkan untuk data mining adalah sebuah bidang yang banyak berkembang dari machine learning, namun berbeda secara tujuan.

“Jika machine learning fokus pada pembuatan program yang dapat belajar, data mining fokus pada memanfaatkan program untuk membantu manusia belajar dari data,” pungkasnya.

Pemanfaatan Tool Orange Dalam Pengolahan Data

Ia memaparkan, data science adalah salah satu disiplin ilmu yang secara khusus mempelajari soal data terutama data kuantitatif atau data numerik.

“Dengan menggunakan software orange data mining, dapat menganalisis suatu data penelitian, teks berita, teks opini masyarakat, teks program kerja dan lain sebagainya,” tukasnya.

Ia juga membeberkan, jika dibandingkan dengan software data mining lainnya, orange mempunyai keunggulan dalam hal visualisasi atau yang biasa disebut visual programming dan dengan mudah dipergunakan karena berbasis GUI.

“Data science itu cakupannya sangat luas dan untuk metode juga bisa dijabarkan lagi dari metode yang ada. Kita bisa menemukan novelty-nya di corpus dan dapat mencari data dengan mudah,” terangnya.

Baca Juga : UBSI Tasikmalaya Adakan Sertifikasi Python Untuk Mahasiswa

Ketua program studi (kaprodi) Sistem Informasi Akuntansi Universitas BSI kampus Tegal, Warjiyono, mengatakan bahwa, webinar ini sangat menarik sebab memberikan pengetahuan tentang python serta implementasi pada bidang data science dengan orange.

“Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengelolaan data publikasi ilmiah untuk dosen dan mahasiswa sebagai bentuk dukungan institusi terhadap sivitas akademik dalam melakukan penelitian,” kata Warjiyono, Jumat (15/10).

Ia berharap, semoga webinar ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan tentang penggunaan python dalam pengolahan data science dengan orange. Tak lupa, bagi peserta yang hadir semoga bisa menunjang dalam penelitian mereka agar mendapatkan hasil yang berkualitas.

Leave A Reply

Your email address will not be published.