Efektifkan Pembelajaran Daring, dengan Materi dari Video Pembelajaran

0 17

pembuatan-video-pembelajaran-dengan-camtasia

Tangerang, BSINews – Pengajaran dalam bentuk video materi, menjadi materi paling efektif untuk pembelajaran daring di masa pandemi. Akan tetapi, datangnya pandemi secara mendadak, membuat kesiapan dari tenaga pengajar sangat kurang.

Pelatihan pembuatan video pembelajaran untuk kebutuhan mengajar dirasa sangat perlu digelar. Hal itu juga yang dilakukan para dosen Universitas BSI (Bina Sarana Informatika), dari program studi Administrasi Perkantoran.

Baca Juga : Persamaan Persepsi Mata Kuliah Speech And Presentation Skills

Kegiatan ini berlangsung secara daring, pada Sabtu (23/10), di lembaga bimbingan belajar EEC, Tangerang Selatan.

“Sebagaimana kita tahu pandemi Covid-19 ini memberikan dampak luar biasa di berbagai sektor, salah satunya pada dunia pendidikan. Permasalahan muncul, banyaknya guru-guru kesulitan dalam mencari metode pembelajaran pada masa pandemi ini, dikarenakan terbatasnya tatap muka offline,” ujar Ketua Pelaksana PM, Noviansyah.

Sementara itu, Ani Rakhmanita, selaku tutor menjelaskan, salah satu cara untuk agar pembelajaran tetap berjalan dengan baik, menggunakan materi video pembelajaran. Pembuatan video tersebut, bisa dilakukan sendiri oleh para guru, seperti sedang menerangkan di kelas.

“Keterbatasan dalam inovasi mengajar dapat berakibat buruk. Maka itu, perlu adanya bimbingan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan para pengajar,” kata Ani, yang juga dosen Universitas BSI ini.

Ia menyebut, salah satu aplikasi yang bisa digunakan untuk membuat video pembelajaran efektif adalah Camtasia. Dalam pelatihan yang berlangsung 3 jam ini, Ani mengulas seperti apa proses dan hasil dari pengolahan data dengan aplikasi tersebut.

Baca Juga : Cara Asyik Bikin Website Tanpa Harus ‘Ngoding’

Camtasia, menurut Ani, bisa menjadi salah satu sarana efektif yang bisa digunakan untuk membuat video pembelajaran, dengan mudah.

“Bagi para guru, sekarang sudah bisa memakai Camtasia dan tahu cara penggunaannya. Jadi semoga apa yang kami berikan, bisa memberi manfaat, dan diterapkan dalam kegiatan belajar mengajarnya,” tutup Ani.(MKU)

Leave A Reply

Your email address will not be published.