Pemanfaatan Teknologi Informasi di Bidang Pendidikan

0 16

DEPOK, BSINews–Pemanfaatan teknologi informasi di bidang pendidikan terutama di masa pandemi sangatlah penting, guna mendukung kelancaran proses pendidikan yang tak boleh terhenti.

Sebagai contoh perubahan di lingkup Pendidikan, yang semula proses belajar mengajar dilakukan secara tatap muka digantikan pembelajaran jarak jauh dengan menggunakan teknologi yang sudah ada, tetapi minimnya pengetahuan akan teknologi membuat sebagian guru, siswa dan orangtua mengeluhkan hal tersebut dan belum ada kesiapan untuk menjawab tantangan global ini.

Baca juga: Dosen Universitas BSI Lakukan Pengabdian Masyarakat

Pemanfaatan Teknologi Informasi

Dosen Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) yang terdiri dari Felix Wuryo Hando, Indra Chaidir, dan Widiarina. Dengan ketua pelaksana kegiatan Yunita telah melakukan tri dharma perguruan tinggi melalui program pengabdian masyarakat  di Panti Asuhan Sakinah Depok, berupa pengenalan teknologi dan informasi di bidang pendidikan.

Yunita mengatakan pengabdian masyarakat ini diadakan Minggu (24/10) lalu, dengan Tema “Pemanfaatan Teknologi dan Informasi dibidang Pendidikan pada masa Pademi” dilakukan secara daring dan luring di Panti Asuhan Sakinah Depok.

“Kami mensosialisasikan tentang penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi yang dapat membantu siswa/i menggunakan Teknologi yang sudah ada,” ujar Yunita dalam rilis yang diterima, Selasa (26/10).

Baca juga: Demi Tingkatkan Kemampuan Life Skill Bagi Remaja, Dosen Universitas BSI Gelar Pengabdian Masyarakat

Materi pemanfaatan teknologi informasi di bidang pendidikan pada masa pademi, yang disampaikan oleh Felix Wuryo Hando, memperkenalkan manfaat TIK di bidang pendidikan, cara penggunaan aplikasi pembelajaran daring seperti, Google Meet, Zoom, Google Forms dan Google Classroom dengan cara penyampaian yang mudah dipahami oleh siswa/i. Dalam proses pengabdian masyarakat berjalan dengan baik dan sangat komunikatif dengan berbagai pertanyaan yang disampaikan oleh peserta pengabdian masyrakat.

“Semoga kegiatan pengabdian masyarakat ini, dapat mendatangkan manfaat dan berguna bagi staf dan pengajar di Panti Asuhan Sakinah, Depok,” tutupnya. (UMF)

Leave A Reply

Your email address will not be published.