Kenali Tahapan Penting Dalam Proses Pengolahan Citra

0 17
Pengolahan Citra
Foto : Webinar Pengolahan Citra

Sukabumi, BSINews – Pekan ilmiah kembali diselenggarakan oleh Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) kampus Sukabumi. Kali ini tema yang diangkat yaitu ‘Image Segmentation with Matlab’.

Kegiatan yang dipandu oleh Erika Mutiara ini berlangsung pada Jumat (22/10) secara daring melalui zoom meeting dengan menghadirkan Sumanto. Ia merupakan dosen Universitas BSI yang mendalami penelitian di bidang image segmentation menggunakan Matlab.

Dalam materinya, Sumanto menjelaskan tentang tahapan pemrosesan citra, segmentasi citra, dan penggunaan aplikasi Matlab dalam mengolah sebuah citra.

Baca Juga : UBSI Tasikmalaya Adakan Sertifikasi Python Untuk Mahasiswa

“Segmentasi citra merupakan tahapan penting dalam proses pengenalan pola. Setelah objek berhasil tersegmentasi, maka kita dapat melakukan proses ekstraksi ciri citra,” ujar Sumanto, Jumat, (22/10) silam.

Lanjutnya, sedangkan ekstraksi ciri adalah tahapan yang bertujuan untuk mengekstraksi ciri dari suatu objek. Dimana ciri tersebut digunakan untuk membedakan antara objek satu dengan lainnya pada tahapan identifikasi atau klasifikasi.

Ketua prodi (kaprodi) Sistem Informasi Akuntansi, Universitas BSI kampus Sukabumi, Rizal Amegia Saputra mengatakan, pekan ilmiah yang diselenggarakan untuk dosen dan mahasiswa ini sebagai bentuk dukungan Universitas BSI dalam membantu dosen dan mahasiswa mengolah data pada sebuah penelitian yang berfokus ke pengolahan citra.

Baca Juga : Workshop Image Processing News

“Webinar pengolahan citra kali ini terlaksana agar dosen maupun mahasiswa dapat terpacu dalam mengolah data penelitian, sehingga dapat meningkatkan publikasi penelitian pada Universitas BSI,” ujar Rizal, Jumat, (22/10) silam.

Ia berharap, pekan ilmiah ini dapat membantu para peneliti dalam mengolah data citra yang akan dijadikan penelitian, sehingga dapat menghasilkan publikasi penelitian yang berkualitas. (Eka)

Leave A Reply

Your email address will not be published.