Tingkatkan Pengajaran Anak Dengan Simulasi Pembelajaran

0 6

pengabdian-masyarakat

Depok, BSINews – Pengabdian Masyarakat (PM) menjadi beban kewajiban seorang dosen, yang harus terpenuhi selain dari kegiatan pengajaran dan penelitian. Biasanya, kegiatan PM tersebut, bisa berupa kegiatan pelatihan, seminar atau lainnya, yang bisa bermanfaat bagi masyarakat sekitar kampus.

Dosen Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) mengadakan kegiatan PM dengan melangsungkan pengembangan pembelajaran untuk membentuk kepribadian Anak pada Panti Asuhan Sakinah Depok, yang dilaksanakan secara dating, Minggu (24/10).

Baca Juga : Instagram, Sebagai Sarana Promosi Produk yang Efektif

Pelatihan tersebut, memilih tema yang cocok dari dosen Program Studi Penyiaran, Fakultas Ilmu Komunikasi dan Bahasa.

Ria Yunita, selaku ketua pelaksana PM mengatakan, anak usia dini, punya rasa ingin tahu yang sangat tinggi dan keinginan untuk mengeksplorasi berbagai rasa dalam pikirannya.

“Dalam simulasi ini, anak-anak bisa memahami secara langsung bagaimana cara berinteraksi dan bersikap terhadap orang yang lebih tua atau lebih muda,” katanya.

Ia juga menuturkan, anak-anak juga harus diajarkan sejak dini, mengenai rasa empati, tanggung jawab, sopan santun, etika serta komunikasi yang baik.

Selain itu, anak-anak di Panti Asuhan Sakinah, juga bisa mendapatkan pengalaman belajar dengan situasi tiruan, yang dapat mengobati rasa rindu mereka akan pembelajaran di kelas.

Baca Juga : HIMASA Pontianak Gelar Berbagi Bersama Anak Panti Asuhan dan Penghafal Al-Qur’an

“Anak-anak akan mendapatkan pengalaman belajar dengan menggunakan situasi tiruan untuk memahami tentang konsep, prinsip, atau keterampilan yang ada komunikasinya antar pribadi. Tujuannya agar menumbuhkan rasa menghormati, berempati di lingkungan sekitarnya,” tegasnya.

Ria tak sendiri menggelar kegiatan PM ini, bersama dosen lain dari Universitas BSI, yakni Flora Meliana Siahaan, Amalliah dan 3 orang mahasiswa, seragam beri kebermanfaatan bagi anak-anak di panti.(MKU)

Leave A Reply

Your email address will not be published.