Yuk Kenali, Media Sosial Untuk Digital Marketing

0 159

JAKARTA, BSINews – Perkembangan internet yang sangat cepat, memaksa masyarakat dunia, menerapkan kebiasaan yang cepat dan praktis juga. Misalnya, saat ini kita tidak perlu repot untuk bertransaksi, berjualan atau mengirim uang secara langsung. Akan tetapi, bisa dilakukan hanya dengan internet melalui ponsel.

Hadirnya berbagai platform digital, juga memengaruhi gaya hidup masyarakat di zaman milenial ini. Masyarakat juga cenderung lebih konsumtif, dengan kepraktisan yang telah dihadirkan dalam berbelanja, melalui marketplace.

Baca Juga : Pentingnya Digital Marketing, Sebagai Sarana Promosi dan Pemasaran di Era Sekarang

Salah satu platform digital, yang paling digemari masyarakat dunia adalah Media Sosial (medsos). Saat ini, medsos sudah menjadi tempat berinteraksi paling rutin, dan setiap harinya, orang-orang tak pernah lepas dari penggunaan media sosial.

Dari penggunaan yang banyak itu pula, media sosial bisa dimanfaatkan untuk melakukan marketing secara digital atau digital marketing. Digital Marketing  merupakan kegiatan pemasaran atau promosi sebuah brand atau produk, menggunakan media digital atau internet. Tujuannya, untuk menarik calon konsumen secara luas, cepat, dan tepat.

Dalam kegiatan Pengabdian Masyarakat, yang terselenggara di Karang Taruna RW 01 Ragunan, Jakarta Selatan, kelompok dosen Universitas BSI (Bina Sarana Informatika), yang diketuai Amien Nur Rais, memberikan pelatihan yang berguna tentang Pemanfaatan Media Sosial untuk Digital Marketing.

Menurut Amien, media sosial menjadi tempat saling berpartisipasi, berinteraksi, berbagi secara cepat. Jadi, lanjutnya, jika memasarkan produk di medsos, bukan tak mungkin produk tersebut akan sangat cepat tersebar luas.

“Promosi dengan digital marketing, memungkinkan bisnis kita akan naik lebih cepat karena bisa menjangkau calon pelanggan yang sangat banyak. Selain itu, jika kita bisa bayar sedikit, pelanggan kita bisa ditentukan sendiri jangkauannya,” ujar Amien.

Sementara itu, rata-rata orang Indonesia menggunakan 5 jam perhari, untuk bermain media sosial. Hal tersebut, juga menjadi peluang strategis untuk melakukan promosi di media sosial. Akan tetapi, untuk praktik digital marketing di medsos, harus juga menerapkan beberapa prinsip dasar.

“Ada beberapa hal juga yang harus diperhatikan, jika ingin menggunggah produk ke media sosial, terutama instagram. Pertama perhatikan gambar ilustrasinya, harus sesuai dengan tema produk yang kita pasarkan. Headline, Caption dan Hastag juga sangat berpengaruh dalam mendatangkan jangkauan pengguna yang lebih luas,” jelasnya.

Digital marketing, menjadi salah satu upaya marketing paling efektif saat ini, seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin maju pula.

Adela, salah satu peserta pelatihan menyebutkan bahwa, setelah ikut pelatihan ini, ia jadi bersemangat dalam membuat konten. Pasalnya, ia juga senang sekali membuat konten, dan kadang ikut memasarkan produk punya saudaranya, di akun instagram miliknya.

Baca Juga : Manfaatkan Digital Marketing Pasca Pandemi, Untuk Dapetin Cuan

“Luas sekali rupanya aspek digital marketing itu. Dari satu pembahasan saja, sangat kompleks sakali ya, seperti saat ini dari media sosialnya saja. Belum lagi ada yang lainnya, blog lah, atau lainnya. Luar biasa sih, pelatihan ini bagus banget. Dosen dari Universitas BSI juga ahli sepertinya, penyampaiannya juga bagus tadi,” katanya, saat di wawancarai lewat WhatsApp, Ahad (31/10).

Sebagai informasi, kegiatan pengabdian masyarakat ini, menjadi kewajiban para dosen sebagai tenaga pendidik, diluar pengajaran dan penelitian. Hal ini, juga menjadi dasar pelaksanaan PM bagi para dosen, terutama dosen Universitas BSI. (RDX)

Leave A Reply

Your email address will not be published.