Manfaatkan Aplikasi Ini Untuk Pencatatan Keuangan Usaha

2 32

PM-universitas-bsi

Bogor, BSINews – Pencatatan keuangan dalam lingkup usaha sangat penting. Dengan pencatatan tersebut, pendapatan dan operasional usaha kita akan tertata, termasuk didalamnya ada laporan keuangan.

Para pelaku UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) dibawah binaan BAPPEDA (Badan Perencanaan, Pembangunan Daerah) Kota Bogor, juga harus punya catatan keuangan usaha mereka.

Baca Juga : Pelatihan Keuangan Untuk Usaha Mikro pada Karang Taruna

Akan tetapi, belum semuanya menerapkan pencatatan keuangan usahanya, meskipun ada beberapa yang melakukan pencatatannya secara manual. Berangkat dari hal tersebut, dosen dari Program Studi (prodi) Sistem Informasi Akuntansi (SIA), Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) kampus Bogor, menyelenggarakan pengabdian masyarakat (PM). Kegiatan ini berlangsung secara online, melalui zoom, pada Sabtu (30/10) silam.

Pelatihan ini bertemakan pelatihan Aplikasi Sederhana Pencatatan dan Penghitungan Keuangan Usaha
Pada BAPPEDA Kota Bogor. Menurut Windi Johan, tutor pada PM ini menyatakan, tujuannya agar para pelaku UMKM, bisa mencatat aktivitas usahanya.

“Kami memberikan pelatihan ini, agar para pelaku UMKM, bisa punya laporan pencatatan keuangan atas usaha yang mereka jalani. Tujuannya, agar pendapatan mereka jelas perharinya, bisa menghitung keuntungan dan kerugian, dan bisa mempersiapkan modal untuk kedepannya,” kata Windi, saat kegiatan, Sabtu (30/10).

Dalam praktiknya, pembuatan pencatatan keuangan usaha ini, mengunakan aplikasi Kledo. “Aplikasi ini memiliki fitur akuntansi yang sangat lengkap dan juga memiliki alur yang sangat simpel sehingga mudah dipahami oleh para peserta UMKM,” jelasnya.

Baca Juga : Mahasiswa Universitas BSI Kembangkan Aplikasi Pengelolaan Donasi

Sementara itu, Gandi selaku perwakilan dari Kantor BAPPEDA kota Bogor berharap, adanya pelatihan ini bisa memberi tambahan referensi bagi para peserta UMKM dalam mengelola catatan keuangan mereka.

“Kami berharap, UMKM bisa mengelola dan mencatat keuangan usahanya agar lebih efektif dan efisien. Saya ucapkan terima kasih juga, kepada dosen Universitas BSI, yang telah sharing ilmu nya kepada kami,” jelasnya.(MKU)

2 Comments
  1. […] Baca Juga : Manfaatkan Aplikasi Ini Untuk Pencatatan Keuangan Usaha […]

  2. […] Baca juga: Manfaatkan Aplikasi Ini Untuk Pencatatan Keuangan Usaha […]

Leave A Reply

Your email address will not be published.