Jurusan Administrasi Bisnis, Pilihan Tepat Untuk Menjadi Ahli Bisnis

0 0
Jurusan Administrasi Bisnis
Ilustrasi, Jurusan Administrasi Bisnis

JAKARTA, BSINews – Halo Sobat BSI!! Di samping zaman yang semakin berkembang, persaingan bisnispun semakin hari semakin ketat. Hal ini membuat banyak perusahaan membutuhkan tenaga kerja yang ahli dan mampu menguasai operasional bisnis dan perusahaan tersebut. Lulusan dari jurusan Administrasi Bisnis lah yang tepat memberikan kebutuhan tersebut.

Karena, Jurusan Administrasi Bisnis merupakan cabang ilmu yang mempelajari segala hal terkait operasional bisnis dan perusahaan. Kegiatan-kegiatan tersebut meliputi pemasaran atau marketing, pengelolaan keuangan, pengelolaan SDM, hingga produksi. Bahkan, selain operasional bisnis, terdapat juga ilmu tentang menciptakan produk baru.

Untuk itu, tak heran jika lulusan Jurusan Administrasi Bisnis memiliki keahlian dalam merumuskan, menganalisis, hingga merancang solusi terkait permasalah di dunia bisnis. Di samping itu, sudah tak dapat kita pungkiri lagi jika prospek kerja lulusan ini sangat luas.

Baca Juga : Jurusan Teknik Industri, Lulus Dengan Kemampuan yang Serba Bisa

Tiga Prospek kerja lulusan Jurusan Administrasi Bisnis paling menjanjikan

1. Staf HRD

Prospek kerja lulusan Jurusan Administrasi Bisnis yang pertama adalah menjadi seorang staf HRD (Human Resources Development). Divisi HRD ini merupakan bagian paling penting dari perusahaan yang bergerak dan bertugas untuk merekrut sumber daya manusia (SDM) untuk kepentingan perusahaan.

Selain bertugas dalam proses perekrutan, staf HRD juga bertugas untuk mengatur segala hal yang berkaitan dengan karyawan dan sumber daya manusia di perusahaan tersebut. Lulusan dari jurusan administrasi bisnis bisa berkesempatan bekerja sebagai staf HRD dengan jumlah gaji bervariasi mulai dari Rp 3.000.000 sampai Rp 9.000.000.

2. Market research analyst

Lulusan Jurusan Administrasi Bisnis pun bisa menjadi seorang market research analyst. Seorang market research analyst bertanggung jawab membantu perusahaan untuk memahami siapa pasar dan audiens perusahaan. Selain itu, apa produk yang harus dijual, serta bagaimana mempromosikan produknya.

Kemudian, mereka bertugas membuat survey untuk memahami target yang mereka teliti, dan melatih pewawancara bagaimana melakukan wawancara untuk kepentingan survey. Setelah itu, mereka akan menganalisis hasil dari penelitian tersebut dan melaporkannya pada pihak manajemen. Gajinya pun cukup bervariasi mulai dari Rp. 3.500.000 sampai Rp. 11.000.000.

3. Analis Keuangan

Menjalani karier sebagai analis keuangan pun bisa kalian jalani setelah menyelesaikan studi di Jurusan Administrasi Bisnis. Sebagai seorang analis keuangan, kalian akan mengambil data mengenai laporan pendapatan perusahaan, membangun model keuangan, dan membuat rekomendasi keuangan.

Seorang analis keuangan pun akan memiliki pemahaman mengenai sektor bisnis atau industri tertentu dan memberikan pendapat mengenai kebijakan keuangan yang harus diambil perusahaan. Soal gaji pun, untuk profesi ini sangat menjanjikan, yakni mulai dari Rp. 2.700.000 sampai Rp. 14.000.000.

Ketiga profesi di atas sangat menjanjikan selain dari gaji yang terbilang tinggi, juga dari perusahaan yang pastinya sangat memerlukan ketiga profesi di atas untuk kemajuan perusahaan tersebut.

Baca Juga : 5 Alasan Memilih Jurusan Kuliah Rekayasa Perangkat Lunak (RPL)

Jurusan Administrasi Bisnis ahli dalam berbisnis

Selain dapat bekerja di berbagai perusahaan milik pemerintah ataupun swasta, lulusan ini juga bisa menjadi seorang entrepreneur dan pebisnis yang andal. Bisnis yang dimaksud juga bukan hanya sekedar menjual kembali produk (reseller) dan mengambil keuntungan, melainkan menciptakan value pada produk yang akan dipasarkan.

Karena, berbagai ilmu seperti sumber daya manusia, komunikasi, manajemen, ketenagakerjaan, akuntansi, serta pemasaran yang mereka pelajari, jadi sangat berpotensi untuk diaplikasikan dalam membangun dan mengelola bisnis sendiri.

Bagi kalian yang tertarik melanjutkan pendidikan tinggi di Jurusan Administrasi Bisnis, kalian tidak perlu ribet mencari kampus yang tepat. Karena, Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) menyediakan Jurusan Administrasi Bisnis jenjang Diploma (D3) pada Fakultas Ekonomi & Bisnis (FTI)-nya.

Baca Juga : Ini Dia Jurusan UBSI Yang Membawa Kamu Ke Teknologi Masa Depan

Dalam FTI ini kalian pun bisa memilih jurusan yang lain seperti Manajemen jenjang sarjana (S1), Akuntansi (S1 & D3), Administrasi Perkantoran (D3), Manajemen Pajak (D3), dan Perhotelan (D3).

Kenapa Universitas BSI? Pendaftaran di Universitas BSI, tidak ribet, tidak perlu pergi ke kampus untuk melakukan pendaftaran kuliah. Pasalnya, Universitas BSI membuka pendaftaran secara daring melalui aplikasi Android PMB UBSI yang tersedia di playstore dan melalui laman pendaftaran.bsi.ac.id.

Di samping itu, Universitas BSI telah membuka Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) tahun 2022, yang saat ini telah memasuki gelombang I dari tanggal 1 Oktober – 1 Desember 2021. Jadi, bagi kalian yang berminat bergabung di Jurusan Administrasi Bisnis, tidak perlu menunggu tahun depan untuk mendaftar kuliah di Universitas BSI. Kuliah…? BSI Aja!!.(Dinar)

Leave A Reply

Your email address will not be published.