Pemanfaatan Internet Sebagai Penunjang Pembelajaran Anak

0 55
Pemanfaatan internet
Dok. Universitas BSI

Bekasi, BSINews – Kumpulan dosen fakultas Teknik Informatika Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) melaksanakan pengabdian masyarakat (PM) pelatihan pemanfaatan internet kepada warga RT 16 RW 08 perumahan Griya Srimahi Indah, desa Srimahi, kecamatan Tambun Utara, kabupaten Bekasi.

Verry Riyanto selaku dosen dan tutor PM Universitas BSI ini didampingi oleh tiga dosen lainnya dari prodi Sistem Informatika Universitas BSI yaitu Nuraeni Herlinawati, Muhammad Iqbal, Muherni asri Utami serta mahasiswi yaitu Anissa Fitrias Putri yang turut membantu dalam kegiatan PM.

Kegiatan yang diikuti oleh belasan warga RT 16 RW 08 perumahan Griya Srimahi Indah, desa Srimahi, kecamatan Tambun Utara, kabupaten Bekasi dilaksanakan secara daring melalui zoom, Sabtu (6/11).

Baca juga: Dosen Universitas BSI Kampus Tasikmalaya Sosialisasikan UU ITE Dan Kebebasan Berinternet Kepada Para Santri

Nuraeni sebagai ketua pelaksana PM dalam sambutannya menyampaikan, bentuk kepedulian dosen Universitas BSI berupaya mewujudkan Tri Dharma Perguruan Tinggi, dan secara khusus memiliki tujuan terciptamya masyarakat informasi yang berkeadilan.

Pemanfaatan internet untuk efektivitas proses belajar mengajar

PM yang berupa pelatihan pemanfaatan internet sebagai penunjang pembelajaran anak secara online untuk mengefektifkan proses belajar mengajar secara daring.

“Pelatihan pemanfaatan internet bertujuan untuk membagi pengetahuan sehingga proses belajar anak-anak selama pandemi bisa dilaksanakan secara efektif, mudah dan efisien,” tutur Nuraeni, Sabtu (6/11).

Dalam materinya, Verry memaparkan materi mulai dari pengertian teknologi informasi, pengertian internet, dampak positif dan negatif dari internet, hingga apa dan bagaimana aplikasi komunikasi menggunakan video, baik dengan menggunakan perangkat seluler maupun desktop.

Baca juga: penyuluhan internet sehat sebagai media informasi Pada Perumahan Panjibuwono city, Babelan Bekasi

“Teknologi informasi merupakan berbagai fasilitas yang terdiri dari hardware dan software untuk mendukung dan meningkatkan kualitas informasi bagi masyarakat dengan cepar dan berkualitas,” ujar Very, Sabtu (6/11).

Ia menjelaskan, internet sendiri merupakan suatu kumpulan jaringan yang memiliki skala global. Awalnya, internet hanya digunakan untuk kepentingan militer, tetapi sekarang internet merupakan kebutuhan sekaligus hiburan dimasyarakat.(ACH)

Leave A Reply

Your email address will not be published.