Ingin Membangun Startup? Yuk, Kenali Peluang dan 5 Tipsnya Lebih Jauh

0 14

Membangun Startup

 

Jakarta, BSINews – Memiliki usaha yang terkenal dan berkembang, pasti menjadi impian bagi banyak orang, apalagi kalau dapat membangun startup. Yup, startup merupakan bisnis yang usianya masih terbilang baru, atau lebih jelasnya usaha yang baru saja merintis dengan pemanfaatan teknologi digital. Ciri dari startup sendiri merupakan salah satu usaha yang masih berkaitan erat dengan teknologi seperti, web, aplikasi ataupun jenis lainnya.

Namun, diantara banyaknya masyarakat Indonesia, ada sebagian orang yang masih awam akan mendirikan usaha dalam memulai, mendirikan hingga mengembangkan startup.

Padahal, membangun startup tak hanya harus memiliki modal yang banyak saja, melainkan ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Seperti dengan membentuk tim yang solid, kepercayaan diri dan masih banyak lagi. Selain harus memerhatikan beberapa tips tersebut, peluang dari startup juga sangat luas.

Baca Juga : UBSI Pontianak Siap Ajari Mahasiswa Membangun Startup dengan Mudah

Peluang Bisnis StartUp di Indonesia

Banyak peluang untuk mendirikan bisnis startup. Salah satunya, di daerah Bandung. Dimana daerah tersebut memiliki komunitas sendiri, yakni Bandung Digital Valley dan Asosiasi Inkubator Indonesia.

Selain itu, perusahaan-perusahaan besar yang ada di Indonesia telah melakukan program rutin inkubasi dan pelatihan bisnis, sama halnya dengan Google Gapura Digital. Oleh karenanya, saat ini di Indonesia, telah memiliki 1000 pelaku bisnis dengan perkembangan yang cukup baik.

Meski sudah banyak yang menjalankan usaha startup, namun startup di Indonesia masih belum bervariasi, layaknya di Amerika Serikat. Maka dari itu, jika ingin memiliki atau membangun startup di Indonesia, carilah celah pasar yang sudah ada kemudian kembangkan.

Tips Dalam Membangun Startup

Membangun startup tidaklah mudah, banyak sekali pengusaha-pengusaha yang baru saja merintis, hanya dapat berjalan ditempat, bahkan gagal dan menyerah. Untuk mengantisipasi hal tersebut, berikut terdapat beberapa tips untuk kamu yang ingin membangun startup.

1. Jangan Cepat Puas

Tips pertama yang harus dilakukan, jika ingin membangun startup yakni jangan cepat puas dengan hasil sendiri. Teruslah mencari-cari celah yang masih kosong, juga banyak bertanya dan belajar cara mengembangkan startup. Sebab, seseorang yang memiliki startup harus dapat memberikan sebuah jawaban bagi permasalahan dan juga pasar yang sudah ada.

2. Percaya Diri

Tips kedua yakni tetap percaya diri. Namanya usaha pasti ada pasang surutnya, kadang di atas dan kadang di bawah. Namun, kita sebagai pelaku usaha jangan pernah berpikiran untuk menyerah, oleh karena itu, harus tetap semangat.

Dalam membangun startup yang sukses, kita terlebih dulu harus bisa meyakinkan diri kita, bahwa startup yang akan dibuat dapat memberikan manfaat serta dapat berkembang dan bertahan lama.

Sebagai pelaku startup, harus yakin bahwa usaha yang dibangun akan sukses dan dapat bermanfaat di khalayak luas. Dengan pemikiran positif dan penuh percaya diri, kemungkinan besar akan membawa hal yang baik pula dalam bisnis yang dibangun.

Baca Juga  : “Peluang Aplikasi StartUp di Masa Pandemi Covid-19 ”

3. Buat Roadmap Usaha

Tips yang ketiga ialah membuat Roadmap Usaha, dimana Roadmap Usaha merupakan petunjuk untuk menjalankan suatu hal agar dapat mencapai suatu tujuan. Hal ini sangat perlu dilakukan, sebab, terkadang pelaku startup sering kali lupa akan suatu tindakan yang semestinya dilakukan.

4. Andalkan Digital Marketing

Tips yang keempat dalam membangun startup yakni manfaatkan digital marketing. Sudah sangat jelas bahwa startup dan digital marketing tidak dapat terpisahkan. Namun, beberapa pelaku startup, harus lebih fokus pada pemanfaatan teknologi digital dibandingkan memanfaatkannya dalam pemasaran.

Untuk dapat memanfaatkan pemasaran di bidang startup, maka sebagai pelaku startup harus dapat mengandalkan Google Ads, SEO dan media sosial. Selain itu, dapat juga mendaftarkan diri pada mesin pencari (Search Engine) untuk merespon masukan, membangun citra, dan juga membangun brand sesuai karakteristik bisnis startup.

5. Ikut Bergabung Dalam Komunitas StartUp

Tips terakhir dan paling penting ialah ikut bergabung dalam komunitas startup. Hal ini sangat perlu dilakukan, apabila ingin membangun sebuah startup. Selain mendapatkan teman dari pelaku startup lain, kita akan mendapatkan pengalaman dan wawasan dari komunitas tersebut. Salah satu contohnya yakni BSI StartUp Center (BSC).

BSI StartUp Centre (BSC) merupakan komunitas yang berada dibawah naungan Universitas BSI (Bina Sarana Informatika). BSC memiliki tujuan untuk menjembatani mahasiswa di kampusnya yang telah memiliki usaha dibidang IT, serta menjadi startUp yang bisa berguna untuk masyarakat.

Mahmud Syarif, selaku ketua BSC mengatakan bahwa, “BSC menjadi tim di dalam Incubator Center Universitas Bina Sarana Informatika (IC UBSI), yang mempunyai tugas untuk menjembatani mahasiswa yang sudah punya usaha di bidang IT untuk bisa mengembangkan usahanya menjadi startup yang bisa berguna bagi masyarakat,” ucapnya melalui WhatsApp, Rabu (10/11).

Sementara itu, hal ini juga sejalan dengan visi dari BSC yaitu dapat membangun dan mengembangkan startup di lingkungan kampus Universitas BSI.

“Jika ingin menggapai visi tersebut, misi yang kita lakukan diantaranya memberikan workshop, coaching, serta pendampingan untuk mahasiswa Universitas BSI yang ingin mempunyai Startup,” lanjutnya.

Kemudian, ia juga menambahkan, beberapa hal terkait kegiatan dari BSC, yaitu melakukan tracing, filtering dan coaching.

” Harapan saya dengan dibentuknya BSC ini, maka mahasiswa yang memiliki startup dapat mengembangkan dengan baik usaha yang telah dibangunnya, dan bagi mahasiswa yang ingin memiliki startup tapi tidak tahu cara memulainya, ayo gabung bersama kami di BSI StartUp Centre Universitas BSI, karena Kuliah…? BSI Aja!!,” tutup Mahmud. (Eka)

Leave A Reply

Your email address will not be published.