Dosen Universitas BSI Berikan Pelatihan Pembuatan Infografis

0 55

JAKARTA, BSINews – Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa pahlawannya. Demikian kutipan yang sering kita dengar, disaat memperingati momen hari yang berkaitan dengan kepahlawanan. Untuk selalu mengingat dan menghargai jasa para pahlawannya, semua negara di dunia pasti memiliki museum dimana banyak yang diletakan barang atau simbol yang bersejarah didalamnya.

Seiring perkembangan waktu, pamor museum sidikit berkurang dan diminati, karena di era digital, banyak musem kurang diminati. Museum, saat ini, tentu memiliki media sosial sebagai media komunikasi. Namun, seiring berjalannya penggunaan media sosial, ada beberapa ketentuan dan kemajuan dalam memposting atau mengomunikasikan beberapa informasi dalam bermedia sosial.

Baca Juga: Langkah Hebat Kuasai Digital Marketing Menggunakan Aplikasi Canva

Oleh sebab itu, untuk memberikan pelatihan kepada pengelola museum Program Studi (Prodi) Penyiaran, Fakultas Komunikasi dan Bahasa, Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) menyelenggarakan Pengabdian Masyarakat ‘Pelatihan Pembuatan Infografis Museum Kebangkitan Nasional’.

Fauzi Syarif, selaku ketua pelaksana pengabdian masyarakat menjelaskan bahwa, Tri Dharma Perguruan Tinggi menjadi kewajiban dosen setiap semester yang harus dilaksanakan secara terprogram. Pihak Universitas BSI, mengadakan pengabdian masyarakat dengan Mitra Musem Kebangkitan Nasional yang berada di JL. Dr. Abdul Rahman Saleh Nomor 23 Jakarta Pusat Provinsi DKI Jakarta, Sabtu (27/11).

Fauzi Syarif menjelaskan bahwa, pada pengabdian masyarakat kali ini, memberikan pengetahuan dalam menunjang permasalahan Museum Kebangkitan Nasional dalam Sosialisasi adalah bagaimana melakukan komunikasi dengan baik dan bagaimana strategi komunikasi agar mudah diterima oleh masyarakat, khususnya menggunakan media sosial. Pembuatan infografis tersebut, bisa dengan aplikasi Canva.

“Canva memiliki perpustakaan grafis untuk infografis yang berisi foto, ikon, dan ilustrasi. Buat garis waktu atau infografis agar terlihat menarik dengan gambar untuk semua kebutuhan,” ucap Fauzi.

Baca Juga:Tingkatkan Promosi, Belajar Desain Pemasaran Dengan Canva

Fauzi menambahkan bahwa, diharapkan pengabdian masyarakat ini bisa berkelanjutan sebagai mitra, demi mendukung kemajuan museum dan mendukung program tri dharma pendidikan yang sudah menjadi tanggung jawab setiap dosen di Indonesia. Menurutnya, peserta memiliki kemauan yang gigih untuk dapat menguasai materi yang diberikan oleh tim tutor dari Universitas BSI.

“Semua peserta aktif dan banyak bertanya karena kebanyakan dari mereka memiliki kendala yang sama dalam Infografis. Dari pelatihan ini, peserta mendapatkan informasi tentang media informasi yang disajikan secara visual yang tersusun atas elemen teks yang dipadukan dengan gambar, ilustrasi, tipografi dan elemen yang lain,” tutup Fauzi. (RDX)

Leave A Reply

Your email address will not be published.