Pemanfaatan Google Form Untuk Kebutuhan Survei

1 248

Jakarta, BSINews–Program pengabdian masyarakat (PM) merupakan salah satu tri dharma perguruan tinggi yang harus dilaksanakan oleh dosen dan mahasiswa. Tidak terkecuali dosen dan mahasiswa Universitas BSI (Bina Sarana Informatika), Program Studi Sistem Informasi.

Dosen dan mahasiswa Universitas BSI, yang diketuai oleh Lilyani Asri Utami dengan tutor Ari Puspita Sari serta anggota Mely Mailasari, Ahmad Sinnun, dan  M. Haddiel Fuad, melakukan kegiatan PM kepada kader Dasawisma di PKK Kelurahan Ragunan. Kegiatan yang dilaksanakan secara daring ini, turut dihadiri oleh Gita Puspita Sari selaku lurah Ragunan dan Diding selaku ketua RW 01 kelurahan Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan.  Kegiatan itu dilaksanakan pada Sabtu (9/10).

Baca juga: Demi Tingkatkan Kemampuan Life Skill Bagi Remaja, Dosen Universitas BSI Gelar Pengabdian Masyarakat

Pemanfaatan Google Form

Pada progam PM kali ini, dosen dan mahasiswa Universitas BSI memberikan  pelatihan tentang pembuatan kuesioner untuk kebutuhan suvei atau pendataan menggunakan google form. Seperti diketahui, kebijakan pemerintahan pada level keluruhan banyak membutuhkan data yang di dapat dari survey  yang dilakukan oleh kader Dasawisma.

Di masa pandemi ini, survei-survei  yang dilakukan kader Dasawisma menjadi terhambat karena faktor keamanan. Pelatihan pembuatan google form sebagai sarana survei, diharapkan dapat membantu kader Dasawisma dalam melakukan perannya.

Ari Puspita, selaku tutor memaparkan mengenai proses pembuatan kuesioner untuk kebutuhan survey menggunakan google form dari awal sampai proses penyebaran link untuk pengisian.

“Pada google form, ada beberapa fitur unggulan yang dapat digunakan seperti penggunaan fitur collaboration di mana satu kuesioner survey  dapat dikelola oleh beberapa user, sehingga antar kader dapat bekerja sama menyusun kuesioner online. Fitur lainnya adalah pengolahan hasil kuesioner berupa diagram dan import hasil kuesioner dalam bentuk file excel (csv),” paparnya.

Baca juga: Dosen Universitas BSI Kampus Purwokerto Bersama BRSKP NAPZA Gelar Pengabdian

Dalam kesempatan yang sama, ketua pelaksana, Ari Puspita, menyampaikan harapannya bahwa kegiatan pengabdian mayarakat ini dapat bermanfaat bagi kader Dasawisma Kelurahan Ragunan.

“Kami harap, kegiatan ini dapat memberikan manfaat bagi kader Dasawisma pada khususnya, dan warga RW 01 Kelurahan Ragunan, pada umumnya. Semoga kegiatan ini dapat kami laksanakan secara berkelanjutan,” tutur Lilyani. (Umi)

1 Comment
  1. […] Baca juga: Pemanfaatan Google Form Untuk Kebutuhan Survei […]

Leave A Reply

Your email address will not be published.