Dampak Negatif Media Sosial Bagi Remaja, Sangat Berbahaya

0 315

JAKARTA, BSINews – Internet merupakan teknologi yang banyak dimanfaatkan masyarakat dunia, yang bisa mendekatkan jarak melalui pengumpulan maupun penyampaian informasi antar penggunanya. Dalam perkembangannya, banyak bermunculan platform media sosial, yang saat ini menjadi kebutuhan primer, karena hadirnya era digital.

Media sosial bisa menghubungkan orang-orang yang jauh menjadi dekat dan dekat menjadi lebih dekat. Akan tetapi disamping hal itu, ada dampak buruk yang kadang mengintai para penggunanya. Terutama mereka dari kalangan remaja, yang masih labil secara emosi. Penerimaan informasi yang tidak tepat, akan membuat mereka bisa mudah terpancing, melakukan hal-hal diluar kontrol mereka.

Baca Juga : Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Sarana Dakwah

Dosen Universitas BSI (Bina Sarana Informatika), menggelar Pengabdian Masyarakat (PM) dengan tajuk “Sosialisasi Dampak Jejaring Sosial Media pada Remaja”, dengan peserta Kelompok Ilmiah Remaja Jakarta Timur. Kegiatan ini berlangsung secara online, melalui zoom, pada Sabtu (11/12).

Ilham Albar Pane, ketua kelompok PM mengatakan, penyelenggaraan sosialisasi ini, untuk mengedukasi kepada para remaja, terutama para pelajar sekolah (kelas 11 dan 12), agar bisa menyaring suguhan informasi di media sosial.

Dampak media sosial secara lebih luas

Selain itu, juga agar mereka bisa memanfaatkan media sosial, kearah yang lebih positif dari negatifnya, seperti pemanfaatannya untuk marketing dan lainnya.

“Media sosial menjadi platform yang mampu menghubungkan penggunanya dengan cepat, meski berjarak ribuan kilometer dari tempatnya berpijak. Namun, satu hal yang jarang mengemuka justru fakta bahwa media sosial mempunyai kemampuan untuk memfragmentasi dan mempolarisasi para pengguna yang terlibat di dalamnya,” katanya, saat kegiatan.

“Prioritas media sosial untuk meningkatkan kenyamanan pengguna, dilakukannya dengan merangkul para pengguna dalam jaringan pergaulannya sendiri. Hal ini menyebabkan para pengguna justru tercerabut dari keterlibatan dengan khalayak yang lebih luas,” lanjut Ilham.

Dampak buruk juga selalu hadir, jika mudah menerima informasi mentah-mentah yang tersebar di media sosial. Misalnya informasi hoax, ujaran kebencian, yang akan merusakan hubungan, kepercayaan seseorang, bahkan bisa mengadu domba antar kelompok.

Baca Juga : Maksimalkan Media Sosial Sebagai Media Promosi

“Bagi para remaja, jangan sampai terkecoh dengan informasi-informasi seperti itu. Harus bisa menyaring, jika ada informasi yang belum jelas kevalidannya,” jelas Ilham.

Ia berharap, dalam kesempatan ini, para remaja sekarang tahu, dan bisa memilah apa saja dampak yang buat mereka dan yang tidak saat bermedia sosial. Dengan begitu, akan lebih banyak pemanfaatan secara positif dari media sosial yang digunakan.(MKU)

Leave A Reply

Your email address will not be published.