Pentingnya Literasi Untuk Tingkatkan Prestasi

1 810

JAKARTA, BSINews – Dosen dan Mahasiswa Universitas BSI (Bina Sarana Informatika), dari Fakultas Komunikasi dan Bahasa, Program Studi Penyiaran melakukan kegiatan Pengabdian Masyarakat (PM), dengan mitra Kelompok Ilmiah Remaja Jakarta Timur.

Kegiatan yang bertajuk “Sosialisasi Membangun Motivasi Belajar Melalui Literasi” ini, bertujuan agar generasi muda khususnya remaja, dapat meningkatkan kemampuan literasinya untuk menghadapi tantangan dunia sosial. PM ini berlangsung pada Sabtu (11/12), yang digelar secara daring, melalui zoom.

Baca Juga : Peran Media Sosial Dalam Meningkatkan Pelayanan Prima

Ahmad Munanjar, ketua program studi Penyiaran Universitas BSI, sangat mengapresiasi kegiatan pengabdian masyarakat yang ditujukan kepada remaja-remaja pelajar di lingkungan Bidara Cina, Kecamatan Jatinegara Jakarta Timur ini.

“Kegiatan-kegiatan positif seperti ini harus kita lakukan secara berkala sebagai wujud kepedulian kita terhadap generasi muda, agar terus bisa berprestasi,” ujarnya.

Fajar Kurniawan, selaku tutor dalam materinya bercerita tentang motivasi. Menurutnya, motivasi pada dasarnya merupakan perubahan energi dalam diri seseorang yang ditandai dengan timbulnya perasaan dan reaksi untuk mencapai tujuan. Bentuknya, dapat berupa motivasi instrinsik, dan motivasi ekstrinsik.

“Motivasi instrinsik biasanya datang dari dalam diri sendiri, dan sebaliknya motivasi ekstrinsik adalah motivasi yang berasal dari luar diri individu,” jelasnya.

Sementara itu, literasi diartikan sebagai kemampuan individu untuk membaca, menulis, berbicara, menghitung dan memecahkan masalah pada tingkat keahlian yang diperlukan dalam pekerjaan, keluarga dan masyarakat. “Sehingga motivasi terhadap literasi adalah reaksi kita untuk mencapai suatu tujuan (prestasi belajar) melalui kegiatan literasi,” paparnya.

Baca Juga : Maksimalkan Media Sosial Sebagai Media Promosi

Pengaruh literasi juga menjadi salah satu hal yang bisa mempengaruhi kemandirian dalam meraih prestasi. Literasi juga bisa menambah pengetahuan lebih serta meningkatkan ketelitian dalam melakukan hal-hal lain yang bisa meningkatkan prestasi.

“Dalam era pandemi ini kemampuan literasi yang harus ditingkatkan remaja, baik siswa maupun mahasiswa adalah literasi digital. Yang paling utama adalah literasi media sosial yang penggunaannya kian masif karena semua orang merasa memiliki kesamaan dalam menghadapi masalah-masalah pandemi Covid-19,” jelas Fajar.(MKU)

1 Comment
  1. […] Baca Juga : Pentingnya Literasi Untuk Tingkatkan Prestasi […]

Leave A Reply

Your email address will not be published.