Tingkatkan Semangat Belajar, Dosen UBSI Beri Motivasi Pada Anak Asrama Yatim

0 86

BEKASI, BSINews—Tingkatkan semangat belajar anak pada Asrama Yatim dan Dhuafa, dosen Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) lakukan pengabdian masyarakat. Kelompok kami berkerjasama dengan mitra anak-anak Asrama Pemberdayaan Yatim dan Dhuafa yang beralamat di jalan IR. H. Juanda No. 182 RT 03 RW 10 Kel. Margahayu Kec. Bekasi Timur Komp. Duta Harapan Blok Ae3 No.1.

Pengabdian masyarakat ini bertema Pemanfaatan Teknologi Informasi Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Ssiswa Secara Daring Pada Anak- anak Asrama Pemberdayaan Zaka Yatim dan Dhuafa, Bekasi Timur. Kelompok pengabdian masyarakat ini terdiri dari Nurul Aisyah sebagai ketua pelaksana kegiatan pengabdian masyarakat, Bilgah, Mety Titin Herawaty, Nurkaya Melianda, Rani Indrawati.

Baca juga: Persiapan Dosen Universitas BSI Ikuti Hibah Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Tahun 2022

Tingkatkan Semangat Belajar

 

Nurul Aisyah mengatakan pemanfaatan teknologi informasi dalam hal ini adalah internet sudah banyak digunakan untuk mendapatkan informasi seperti peristiwa pada suatu daerah atau negara, hiburan, pendidikan, olah raga dan sebagainya.

“Dalam dunia pendidikan pemanfaatan internet sangat besar manfaatnya, untuk mencari sebuah informasi kita sering menggunakan search engine atau mesin pencari seperti google.com dengan menginputkan kata kuncinya saja maka informasi yang berhubungan dengan kata kunci tersebut akan tampil seluruhnya,” ujarnya.

Solusi dalam pengabdian kepada masyarakat ini adalah (a) Pelatihan internet sebagai pemanfaatan teknologi informasi secara daring (online) dalam meningkatkan motivasi belajar, (b) Pelatihan penggunaan website belajar, (c) Pelatihan menggunakan aplikasi untuk komuikasi group dan diskusi dengan aplikasi Whatsapp (WA).

Baca juga: Universitas BSI Jalin Kerjasama Bidang Pengabdian Masyarakat Dengan LKSA Nurul Iman Karawang

Target luaran berupa artikel di media masa cetak atau elektronik, video kegiatan sebagai bentuk dokumentasi kegiatan dan peningkatan pengetahuan dari mitra.

Metode pelaksanaan pada kegiatan ini terdiri dari tahap persiapan yaitu survey lokasi kegiatan, tahap pelaksanaan yaitu pelatihan internet sebagai pemanfaatan teknologi informasi secara daring, pelatihan penggunaan website belajar, pelatihan menggunakan aplikasi untuk komunikasi group dan diskusi serta tahap monitoring dan evaluasi untuk mengetahui seberapa besar peningkatan kemampuan mitra. (UMF)

Leave A Reply

Your email address will not be published.