Apa yang Dipelajari saat Mengambil Kuliah Prodi Periklanan?? Simak Selengkapnya

Catat ! Matkul yang Pasti Dipelajari saat Mengambil Kuliah Periklanan

0 17

BSINews, Jakarta – Saat pertama kali mendengar kata Program Studi (prodi) Periklanan, tentu kita akan memikirkan sesuatu yang berhubungan dengan promosi suatu produk barang/jasa. Namun, tau kah kamu lebih dari itu, jurusan Periklanan merupakan Ilmu yang mempelajari tentang cara menerapkan strategi kreatif periklanan melalui ilustrasi, animasi, desain komunikasi visual, sketsa dan topografi periklanan.

Bagi kamu yang tertarik dengan prodi Periklanan, berikut ini beberapa mata kuliah yang pasti akan kamu pelajari ketika mengambil jurusan Periklanan.

Mata Kuliah Unggulan Prodi Periklanan

Pengantar ilmu komunikasi

Pengantar ilmu komunikasi merupakan jurusan yang jelas akan dipelajarai mahasiswa periklanan untuk belajar tentang ilmu komunikasi. Di awal-awal semester, akan ada mata kuliah tentang pengantar ilmu komunikasi, komunikasi massa, mungkin mahasiswa juga akan mendapatkan psikologi komunikasi.

Dapat dikatakan, mata kuliah tersebut merupakan fondasi untuk mendalami ilmu komunikasi lainnya termasuk periklanan. Pengantar ilmu komunikasi biasa diberikan diawal perkuliahan sebagai pengenalan akan dunia komunikasi.

Dasar-Dasar Periklanan

Belajar itu tahap demi tahap, umumnya setiap mahasiswa prodi Periklanan memulai tahap belajarnya dengan mata kuliah Dasar-Dasar Periklanan. Hal yang paling mendasar dalam periklanan adalah masalah kreativitas, dan esensi dari kreativitas adalah originality dan uniqueness, sesuatu yang segar dan baru.

Di mata kuliah Dasar-Dasar Periklanan, kamu akan mempelajari ilmu tentang jenis-jenis iklan, kriteria iklan yang baik, anatomi perusahaan periklanan, bagaimana melahirkan kreativitas, tentang pengetahuan mengenai media periklanan serta etika dalam periklanan Indonesia.

Baca Juga : Prodi Periklanan Gelar Sinkronisasi Kurikulum

Copywriting

Dalam dunia Periklanan, istilah Copywriter tentu bukan hal yang asing. Copywriting adalah orang yang menulis teks iklan. Jadi bisa dikatakan ada kerja keras dari copywriter disetiap iklan yang kita temukan di TV, radio, papan reklame, dan internet.

Apakah menulis teks iklan gampang? Tentu saja tidak, kalau gampang semua orang bisa jadi copywriter. Copywriting sendiri merupakan metode pembuatan tulisan yang mengajak calon konsumen untuk membeli atau memakai barang atau jas yang diiklankan.

Copywriter andal dituntut untuk bisa membuat sebuah tulisan yang berkesan kalau bisa mengenang “abadi” bagi suatu brand. Contoh copywriting yang luar biasa ada pada orang yang menulis tagline “Aku dan kau, suka Dancow” atau “Apapun makanannya, minumnya Teh Botol Sosro.”

Perencanaan Media Periklanan

Perencanaan media merupakan suatu rangkaian kegiatan penyampaian pesan promosi pada sasaran atau pengguna suatu produk. Perencanaan media merupakan suatu proses yang berisi sejumlah keputusan yang harus dibuat, dari bermacam-macam kemungkinan atau perubahan, sebagai pengembangan suatu rencana media.

Pemilihan media dalam beriklan tidak bisa sembarangan. Sebagai contoh, iklan camilan Chitato tidak mungkin ditayangkan di iNews TV pada pukul 10 malam. Pada mata kuliah ini, mahasiswa biasanya diajarkan untuk belajar menyesuaikan iklan dengan media penyebarannya. Inti dari mata kuliah ini adalah mengetahui target audiens.

Baca Juga : Dosen Prodi Periklanan Universitas Bsi Berikan Pelatihan Pembuatan Poster Anti Hoax Pada Warga Pajibuwono

Begitulah tadi ulasan tentang Program Studi (Prodi) Periklanan. Gimana tertarik kah kuliah di prodi Periklanan? Sekarang bingung cari tempat kuliah? Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) dapat menjadi rekomendasi pilihan yang cocok buat kamu.

Dengan biaya kuliah terjangkau ditambah dengan kualitas dan fasilitas yang mendukung menjadikan Program Studi Periklanan Universitas BSI jadi pilihan yang tepat. Yuk buruan daftarkan dirimu sekarang.

Saat ini, Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) kampus ini, sudah masuk pendaftaran Gelombang 1 sudah dibuka dari tanggal 1 Oktober 2021- 2 Februari 2022. Untuk pendaftarannya sendiri bisa melalui aplikasi PMB-UBSI yang bisa diunduh di playstore atau melalui laman https://bsi.pmbonline.id/BLL / RDX

Leave A Reply

Your email address will not be published.