Udah Tepat Pilih Jurusan Kuliah? Yuk Cek Tanda-Tandanya

0 19

JAKARTA, BSINews – Apakah kamu seorang mahasiswa/i? Pasti pernah bertanya-tanya dalam hati apakah jurusan yang dipilih itu sebenarnya sudah tepat dengan diri kita sendiri atau tidak. Masalahnya, banyak orang yang bingung dengan jurusan yang sudah dipilih sudah tepat atau malah keliru. Malahan, ada sebagian orang yang tetap menjalani perkuliahan meski sudah merasa salah jurusan.

Baca Juga: Kenali Jurusan Kuliah Untuk Kamu yang Ingin Terjun ke Industri Kreatif

Namun sebetulnya, semua keputusan yang kita ambil berdasarkan dari keinginan kita. Kuncinya adalah tinggal memantapkan hati dengan keyakinan kalau kamu sudah berada di jurusan yang tepat, sehingga hal ini nantinya akan membantu dalam menentukan masa depanmu. Nah, gimana cara mengetahui kalau jurusanmu sudah tepat? Yuk, simak ulasannya di bawah ini.

1. Tugas kuliah terasa mudah

Ketika mengambil kuliah, berarti kita harus siap untuk melaksanakan segala aturan yang menjadi kewajiban sebagai mahasiswa/i. Termasuk salah satunya mengerjakan tugas kuliah. Tugas itu bisa dikerjakan di dalam kelas atau dibawa pulang.

Tapi, bagaimanapun juga, tugas itu bermanfaat kok untuk melatih kemampuan diri sendiri. Hanya saja, apakah tugas kuliah sangat membebani dirimu? Selain rasa malas, apakah kamu betul-betul kesusahan mengerjakan tugas yang diberikan dosen? Karena kalau kamu merasa hampir semua tugas yang diberikan itu mudah maka mungkin jurusan yang kamu pilih sudah tepat.

2. Bangga dengan jurusanmu

Perasaan bangga bisa jadi salah satu indikator yang kuat, kalau kamu sudah memilih jurusan yang pas denganmu. Kemungkinan besar kamu akan bersemangat untuk menceritakan kegiatanmu saat kuliah atau apa saja yang dipelajari, bahkan kamu seneng banget kalau ada orang yang nanya-nanya soal jurusanmu itu.

Tapi, kalau yang terjadi sebaliknya yaitu kamu malah malu atau enggan bercerita tentang apapun soal perkuliahan kamu, maka bisa dipastikan nih, kalau kamu sudah merasa jenuh alias salah pilih jurusan. Jadi, kamu malu atau bangga nih dengan jurusanmu saat ini?

3. Nggak Malas Pergi ke kampus

Jika kamu memiliki rasa malas untuk kuliah memang wajar karena sudah merasakan lelahnya dari jadwal perkuliahan yang padat, dan mungkin kamu butuh refreshing dari hal-hal seputar aktivitas perkuliahanmu. Tapi, kalau kamu kebanyakan merasa malas, jenuh, ataupun muncul perasaan negatif lainnya, maka kemungkinan besar kamu sudah salah jurusan.

Sebaliknya, kalau kamu merasa semangat untuk berangkat ke kampus atau muncul perasaan positif lainnya, maka selamat nih, kamu kemungkinan besar sudah pada jurusan yang tepat. Jadi, kamu semangat gak nih saat ke kampus?

4. Antusias dengan penjelasan dosen

Rasa semangat dalam menyimak penjelasan dosen tentang materi, terlebih kalau dosen tersebut mengajar dengan asyik, kamu bakalan serius menyimak setiap detail-detail penjelasan dari dosen. Waktu yang terasa singkat saat dosen menerangkan materi kuliah juga merupakan salah satu tanda kalau kamu sangat menyukai aktivitas perkuliahanmu.

Ditambah, kamu sering melontarkan pertanyaan-pertanyaan sehubungan dengan penjelasan dosen. Bahkan nih, kalau kamu yang saat sekolah SD-SMA malas bertanya, jadi suka bertanya kepada dosen saat perkuliahan, sudah pasti deh 99% kamu berada di jurusan yang tepat.

5. Orang di sekitarmu memuji dirimu

Pendapat orang lain itu sifatnya subjektif, tergantung dari setiap sudut pandang masing-masing orang. Jika banyak yang berpendapatan positif tentangmu soal jurusan kuliah yang kamu ambil, maka bisa jadi lho kalau kamu memang sudah pada jalur yang tepat. Sebagai contoh, jika orang memuji skill kamu dalam mengerjakan tugas kuliah dan sebagainya.

6. Kamu mengetahui arah masa depan jurusan yang di pilih

Jika saat ini kamu sedang mengambil kuliah di jurusan Penyiaran, kamu sudah bertekad dari awal untuk menjadi Penyiar Radio setelah lulus nanti, terus swaktu masuk kuliah kamu enjoy aja dan nggak ada niatan untuk merubah jurusan lain secara tiba-tiba, maka SELAMAT kamu sudah berada di jurusan kuliah yang tepat buat kamu.

Nah, itu tadi beberapa review yang sudah disampaikan, jadi coba perhatikan semua tanda di atas pada dirimu sendiri kamu. Kalau kamu merasa semua tanda di atas ada pada kamu maka sekali lagi selamat ya. Kkamu sudah memilih jurusan yang paling tepat buatmu.

Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) sebagai salah satu kampus swasta terbesar di Indonesia, menyediakan banyak pilihan jurusan kuliah. Di kampus ini, terdapat 3 fakultas yang terdiri Fakultas Teknik & Informatika, Fakultas Ekonomi & Bisnis dan Fakultas Komunikasi & Bahasa.

Baca Juga : Ini yang Wajib Kamu Ketahui, Sebelum Pilih Jurusan Ilmu Komunikasi !

Kamu bisa memilih jurusan yang ada di fakultas tersebut, sesuai dengan keinginan kamu. Jadi tentukan juga sebelum masuk kuliah, harus memantapkan jurusan apa yang ingin kalian pilih ya.

Sebagai informasi, Unversitas BSI saat ini sudah membuka Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) untuk periode kuliah bulan Maret 2022 dan periode September 2022. Kampus ini sudah sangat fleksibel dengan pelayanan yang diberikannya. Untuk mendaftar kuliah disini, sangat mudah cukup dengan install aplikasi PMB UBSi di playstore, atau melalui laman bsi.pmbonline.id. (RDX)

Leave A Reply

Your email address will not be published.