Gerakan Pramuka Harus Manfaatkan Medsos Sebagai Sarana Eksistensi

0 64

JAKARTA, BSINews – Pada era teknologi yang semakin canggih ini, peran media sosial sudah dianggap sangat penting dan menjadi kebutuhan khususnya bagi Gerakan Pramuka.

Media sosial (medsos) merupakan salah satu platform penting di era digital, bagi Gerakan Pramuka, agar para anggota pramuka dapat mengikuti perkembangan zaman. Media sosial ini bisa dimanfaatkan oleh Gerakan Pramuka untuk memberikan pesan positif bagi anggotanya, serta publikasi kegiatan terhadap masyarakat luas.

Baca Juga : Peran Media Sosial dalam Proses Dakwah di Internet

Selain itu, penggunaan medsos juga menjadi sarana penyebaran informasi kegiatan yang diadakan oleh suatu badan yang ada di wilayah tertentu yang disebut dengan Kwartir.

Hal ini senada dengan yang disampaikan oleh Presiden Republik Indonesia yang sekaligus menjadi Ketua Majelis Pembimbing Nasional (Kamabinas) Gerakan Pramuka yakni kak Ir. H. Joko Widodo.

Melansir SuakaOnline, ia mengatakan bahwa, anggota pramuka harus bisa menggunakan medsos untuk menyebarkan pesan-pesan gerakan pramuka dan mengajak anak-anak muda yang lain untuk bergabung.

“Medsos mempunyai pengaruh yang sangat besar, masyarakat lebih cepat menerima informasi lewat internet terutama kepada para anggota pramuka,” katanya.

Dalam rangka menghidupkan medsos pada Gerakan Pramuka, dosen Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) mengadakan kegiatan pengabdian masyarakat dengan Gerakan Pramuka Kwartir Ranting Karawang Barat.

Yuris Alkhalifi, selaku ketua panitia pengabdian masyarakat dibantu oleh Khairul Rizal, Amir, dan Nur Alam, menggelar pelatihan ‘Desain Grafis Untuk Memaksimalkan Peran Media Sosial Pada Gerakan Pramuka Kwartir Ranting Karawang Barat’ yang berlangsung secara virtual melelaui Zoom.

Melalui pelatihan ini, para peserta yang berasal dari Kwartir Ranting, Dewan Kerja Ranting dan Gugus Depan (Sekolah) diberikan materi desain grafis menggunakan Canva yang bisa diakses secara daring (online) melalui website ataupun aplikasi mobile pada Playstore.

Nur Alam, selaku pemateri mempraktikkan bagaimana cara membuat flyer kegiatan perkemahan Jambore yang biasa dilaksanakan oleh pramuka.

Kegiatan ini juga mendapat sambutan dari anggota pramuka yang ada di Kwartir Ranting/Kecamatan Karawang Barat, salah satunya kak Vadia Nuraini.

Baca Juga : Maksimalkan Media Sosial Sebagai Media Promosi

“Kami sangat senang sekali dengan adanya pelatihan desain grafis ini, karena dengan adanya pelatihan ini saya yang belum familiar dengan desain grafis, dapat dengan mudah membuat desain grafis untuk media sosial pada gugus depan (sekolah) kami,” ucap Vadia

“Tentunya dengan diadakannya pelatihan ini, goal yang kami harapkan yakni dapat menciptakan atau mencetak para pramuka yang ada di karawang barat khususnya yang hadir pada pelatihan ini, agar mempunyai sedikit banyaknya keahlian tentang desain grafis yang bisa diterapkan pada media sosial di gugus depannya masing-masing”, jelas Yuris selaku ketua pelaksana.(MKU)

Leave A Reply

Your email address will not be published.