Melalui Sertifikasi Kompetensi, Universitas BSI Kampus Karawang Siapkan Mahasiswa yang Kompeten

0 370

KARAWANG, BSINews – Sertifikasi profesi, merupakan upaya untuk memberikan pengakuan atas kompetensi yang dikuasi seseorang, sesuai dengan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI), standar internasional atau standar khusus.

Melalui Tempat Uji Kompetensi (TUK) Mandiri, Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) kampus Karawang menyelenggarakan uji kompetensi skema Programmer, Selasa (25/1). Uji kompetensi ini diikuti oleh puluhan mahasiswa program studi (prodi) Sistem Informasi Universitas BSI kampus Karawang dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

Baca Juga : Universitas BSI Adakan Pembekalan Sertifikasi Programmer

Uji kompetensi yang dilaksanakan selama 5 hari ke depan ini, menghadirkan tiga orang asesor dari Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) BSI.

Abdussomad, salah satu asesor LSP BSI sekaligus ketua prodi Sistem Informasi Universitas BSI kampus Karawang menjelaskan, bahwa perguruan tinggi dituntut untuk melakukan perubahan demi menghasilkan mahasiswa yang memiliki kemampuan sesuai bidang keahliannya masing-masing yang dibuktikan melalui sertifikat kompetensi.

“Selain ijazah, keberhasilan mahasiswa tidak hanya bergantung pada hard skill, tetapi juga pada soft skillnya. Setiap lulusan juga harus memiliki sertifikat profesi atau kompetensi sesuai bidangnya masing-masing,” tutur Abdussomad, Selasa (25/1).

Lanjutnya, sertifikat kompetensi yang akan diperoleh oleh mahasiswa yaitu sertifikat profesi yang dikeluarkan oleh Universitas BSI dan Badan Akreditasi Profesi Nasional (BNSP).

“Jika mahasiswa yang mengikuti lulus uji kompetensi, akan mendapatkan sertifikasi dari BNSP. Artinya, secara keahlian tenaga kerja mahasiswa tersebut diakui secara nasional,” pungkasnya.

Ia berharap, semoga dengan adanya uji kompetensi ini, mahasiswa bisa kompeten pada bidang programmer dan mendapatkan sertifikat dari BNSP. Sehingga dapat meningkatkan peluang lulusan di industri atau dunia kerja.

Sementara itu, salah seorang peserta, Iqbal Febian mengaku, sangat tertarik sekali mengikuti sertifikasi kompetensi ini, karena bisa menambah pengetahuannya yang suatu saat pasti diperlukan.

Baca Juga : Mahasiswa Universitas BSI Siap Ikuti Sertifikasi Cisco

“Saya mengikuti kegiatan ini dengan harapan lulus dan mempunyai sertifikat kompetensi programmer. Karena saya sangat tertarik sekali dengan bahasa pemrograman dan mudah-mudahan dapat menjadi seorang programmer,” ungkap Iqbal, Senin (25/1).(ACH)

Leave A Reply

Your email address will not be published.