Tingkatkan Kualitas Lulusan Universitas BSI Pemuda Adakan Sertifikasi Programmer

Tingkatkan Kualitas Lulusan Universitas BSI Pemuda Adakan Sertifikasi Programer

0 66

BSINews, Jakarta –  Sertifikasi profesi merupakan upaya untuk memberikan pengakuan atas kompetensi yang dikuasai seseorang sesuai dengan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI), standar internasional atau standar khusus. Untuk mewujudkan hal tersebut Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) kampus Pemuda, Rawamangun, Jakarta Timur mengadakan sertifikasi programmer melalui Program Sertifikasi Kompetensi yang diselenggarakan pada Rabu (2/2).

Standar kompetensi merupakan pernyataan yang menguraikan keterampilan, pengetahuan dan sikap yang harus dilakukan saat bekerja. Serta penerapannya, sesuai dengan persyaratan yang ditetapkan oleh tempat kerja (industri).

Baca Juga : Adakan Sertifikasi Programmer, Universitas BSI Kolaborasi Dengan LSP

Feri Prasetyo, selaku kepala kampus Universitas BSI kampus Pemuda memaparkan, kegiatan sertifikasi programmer ini berlangsung secara offline dan tetap menerapkan protokol kesehatan dengan ketat. Dimana prosedur sebelum masuk, para peserta harus scan Peduli Lindungi, cek suhu tubuh, menjaga jarak, memakai masker dan membawa perlengkapan ibadah pribadi, khusus bagi mahasiswa muslim.

Ia juga menerangkan bahwa, peserta harus mengikuti pembekalan seputar pelaksanaan dan aturan sebelum mengikuti sertifikasi programmer dengan Uji Kompetensi Skema Programmer ini.

“Mahasiswa yang mengikuti Uji Kompetensi Skema Programmer ini sebelumnya telah mengikuti pembekalan Sertifikasi Kompetensi Programmer. Poin-poin apa yang akan dilaksanakan dan tatacara kegiatanya, khususnya untuk Asesi, dalam hal ni mahasiswa Prodi Sistem Informasi kampus Pemuda. Mulai dari teknis pelaksanaan sertifikasi kompetensi programmer sampai dengan cara pengisian dari formulir APL01 dan APL02,” ucap Feri.

Sertifikasi Programmer Bantu Tingkatkan kualitas Lulusan 

Sementara itu, Rahmat Suryaditya, Setiaji dan Adi Supriyatna yang merupanan Asesor LSP Universitas BSI bidang Programming, sekaligus dosen di Universitas BSI menjelaskan bahwa sertifikasi programmer ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas lulusan.

Baca Juga : Uji Kompetensi Programmer Tingkatkan Kualitas Lulusan Mahasiswa

Selain itu, agar mahasiswa dapat bersaing saat mereka menghadapi dunia kerja atau industri. Sehingga kemampuannya itu, dapat diakui secara tertulis oleh negara melalui lembaga LSP Universitas BSI.

“Pentingnya sertifikasi ini sangat mendukung sekali dalam pengembangan mahasiswa, karena dengan adanya sertifikat kompetensi, dapat digunakan sebagai bukti yang sah, bahwa mahasiswa-mahasiwa Universitas BSI memiliki kemampuan pada bidang programer,” kata Rahmat Suryaditya. BLL/RDX

Leave A Reply

Your email address will not be published.