Universitas BSI Gelar Sertifikasi MTCNA, Demi Siapkan Lulusan Daya Saing Global

0 320

BSINews, Sukabumi – Dalam rangka menyiapkan lulusan yang memiliki daya saing global dan mampu berkiprah di dunia internasional, Program Studi (prodi) Ilmu Komputer Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) kampus Sukabumi, menggelar sertifikasi MikroTik Certified Network Associate (MTCNA). Sertifikasi MTCNA ini diperuntukkan bagi mahasiswa tingkat akhir, sebagai bekal lulusan untuk masuk ke dunia industri.

Kegiatan yang dilaksanakan secara offline dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat di Universitas BSI kampus Sukabumi, menghadirkan Tommi Alfian Armawan Sandi selaku instruktur MikroTik Academy Universitas BSI, Jumat (28/1).

Menurutnya, dalam dunia IT (Information Technology) sertifikasi sangat penting, karena bisa menjadi nilai lebih untuk pemegang sertifikasi tersebut. Selain itu, sertifikasi merupakan pengakuan dari vendor atau asosiasi terhadap kemampuan dari pemegang sertifikasi pada bidang tertentu.

Baca Juga : Sertifikasi MTCNA Bantu Tingkatkan Kompetensi Mahasiswa 

“Secara umum, program ini menawarkan kesempatan untuk mendapatkan sertifikat yang diakui secara internasional dan melatih para mahasiswa dengan keahlian di bidang networking yang sangat dibutuhkan di era sekarang. Masing – masing tahapan sertifikasi memiliki materi dan tingkat kesulitan yang berbeda,” tutur Tommi, Jumat (28/1).

Ia juga menuturkan, sertifikasi MTCNA memiliki banyak keuntungan bagi mahasiswa. Apalagi mahasiswa tingkat akhir, karena bisa menjadi ajang pembuktian kompetensi pada saat mencari pekerjaan.

“Beberapa keuntungan yang didapat antara lain, menjadi wadah dan bekal bagi mahasiswa agar dapat mengukur kompetensi yang mereka miliki, mempermudah mahasiswa dalam pengerjaan ujian karena pada pembekalan, akan diselipkan cara pengerjaan soal, meningkatkan jumlah kelulusan peserta sertifikasi MTCNA,” jelasnya.

Selain itu, sertifikat yang di dapat bisa menjadi salah satu pelengkap, pada Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI).

Baca Juga : Universitas BSI Bekali Mahasiswa Hadapi Sertifikasi MTCNA Mikrotik

Mahasiswa juga akan bertambah wawasannya, terkait dunia jaringan (networking) yang sedang berkembang di dunia industri melalui sertifikasi MTCNA. Juga akan memudahkan mahasiswa dalam memenuhi pembuktian kompetensi pada saat mencari pekerjaan.

Disisi lain, ketua prodi Ilmu Komputer Universitas BSI kampus Sukabum,i Denny Pribadi menuturkan bahwa ,kegatan sertifikasi MTCNA ini terselenggara, agar mampu menciptakan lulusan yang memiliki potensi dan berdaya saing tinggi di era industri 4.0.

“Terdapat pembekalan dan sertifikasi kompetensi, untuk mewujudkan lulusan yang memiliki potensi dan berdaya saing di era Industri 4.0,” tutur Denny, Jumat (28/1).

Ia menjelaskan, MikroTik Academy Universitas BSI merupakan model belajar dengan konsep e-learning yang seluruh materinya dapat diperoleh melalui website. Program ini juga dilengkapi dengan praktik simulasi dengan memanfaatkan aplikasi networking dari Mikrotik.

Leave A Reply

Your email address will not be published.