Manfaatkan Media Sosial Sebagai Sarana Promosi Usaha

0 21

Jakarta, BSINews – Hal penting yang harus dipenuhi bagi dosen adalah tri dharma perguruan tinggi. Salah satu bagian dari tri dharma perguruan tinggi adalah pengabdian masyarakat.

Berangkat dari hal itu, dosen prodi Administrasi Bisnis Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) melaksanakan kegiatan Pengabdian Masyarakat (PM) pada Sabtu, (12/3).

Pelatihan ini diselenggarakan oleh sekumpulan dosen, diantaranya Furi Indriyani selaku ketua kelompok PM, Suharini selaku tutor, dan beranggotakan Amas Sari Marthanti serta tiga orang mahasiswa. PM ini berfokus pada pelatihan pemanfaatan media sosial sebagai sarana promosi usaha pada anggota komunitas Perempuan Indonesia Maju (PIM) yang diadakan secara daring.

Baca juga: Program Studi Hubungan Masyarakat Universitas BSI Berikan Pelatihan Public Speaking untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara

Sehubungan dengan upaya pencegahan pandemi covid-19, pelaksanaan pengabdian masyarakat ini dilakukan secara daring. Kegiatan ini berlangsung mulai pukul 13.00-15.00 WIB yang dihadiri oleh puluhan peserta dari anggota komunitas Perempuan Indonesia Maju (PIM).

Media sosial sebagai media promosi yang murah

Dalam materinya, Suharini mengatakan, bahwa media sosial salah satu manfaatnya adalah sebagai media promosi yang murah. Namun bisa menjangkau target atau pasar yang sangat luas.

“Media sosial adalah suatu media yang memungkinkan para pelaku bisnis untuk berkomunikasi dengan sesama produsen, pelanggan, dan atau calon pelanggan,” tutur Suharini, Sabtu (12/3).

Ia menjelaskan, dengan facebook atau pun dengan instagram pelaku usaha/bisnis bisa memberikan identitas (brand atau merek) yang dipasarkan serta membantu dalam menyebarkan pesan dengan cara yang mudah, komunikatif, luas jangkauannya dan sangat murah biayanya.

“Banyak sekali kelebihan yang dimiliki media sosial tersebut, maka tidak heran jika banyak yang menjadikannya sebagai media atau alat untuk promosi,” pungkasnya.

Baca juga: Pentingnya Roadmad Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Lanjutnya, namun karena masih banyak yang belum bisa memanfaatkannya dengan baik, maka dalam pelatihan ini diberikan panduan dan pelatihannya secara rinci dan mudah, dari awal pembuatan akun, cara penggunaanya termasuk memperkenalkan fitur-fiturnya, cara kirim gambar produk yang dipromosikan ataupun pengaturannya.

“Dengan pelatihan yang berurutan, rinci, dan jelas tersebut, para perseta pelatihan diharapkan dapat memahami dan menguasi serta memanfaatkan media sosial tersebut untuk mengembangkan usahanya khusunya dalam rangka mempromosikan produknya,” ujarnya.

Sementara itu, Furi menyampaikan, bahwa pelatihan ini pada dasarnya bertujuan untuk memberikan edukasi kepada peserta tentang bagaimana mempromosikan usaha dengan mudah melalui media sosial.

“Dari kegiatan ini diharapkan bisa membantu para peserta pelatihan agar dapat mempromosikan seluruh produknya, sehingga lebih dikenal masyarakat luas dan dapat meningkatkan pangsa pasar,” tutur Furi, Sabtu (12/3).(ACH)

Leave A Reply

Your email address will not be published.