Dosen Universitas BSI Ikuti Sertifikasi Calon Pembimbing TA dan Skripsi

0 99

JAKARTA, BSINews – Dalam rangka meningkatkan kualitas lulusan mahasiswa baik jenjang diploma maupun sarjana yang telah menyelesaikan masa perkuliahan, perlu diadakan sertifikasi calon pembimbing tugas akhir (TA) dan skripsi.

Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) melangsungkan kegiatan sertifikasi yang berlangsung secara daring, pada Kamis (10/3) sejak pukul 09.00 – 16.00 WB. Sertifikasi ini menghadirkan narasumber dari panitia TA dan skripsi serta perwakilan program studi yang ada di Universitas BSI.

Baca Juga : Catat! Ini Tips dan Trik Lulus Sertifikasi Pustakawan

Kegiatan ini, terbagi menjadi dua sesi pemaparan, sesi pertama, pemaparan tentang ketentuan serta teknis penulisan TA dan skripsi. Sedangkan, sesi selanjutnya dijelaskan tentang outline TA dan skripsi yang akan disampaikan oleh masing-masing prodi.

Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas BSI, Dr Ani Wijayanti turut hadir dalam acara ini. Ia menuturkan, bahwa dosen pembimbing TA dan skripsi merupakan ujung tombak dalam mengawal tahapan yang akan dilakukan oleh mahasiswa yang telah selesai menempuh perkuliahan hingga dinyatakan lulus.

Ia juga mengingatkan, komunikasi antara dosen dan mahasiswa yang mereka bimbing harus terjaga dengan baik.

“Selama proses bimbingan, permasalahan yang sering terjadi antara dosen pembimbing dengan mahasiswa yang dibimbing adalah masalah komunikasi. Diharapkan mahasiswa bersemangat untuk menyelesaikan tahap akhir kuliah dan tidak ada lagi alasan mahasiswa untuk tidak menyelesaikan tahapan terakhir ini,” ujar Dr Ani, Kamis (10/3) lalu.

Sementara itu, Ahmad Setiadi selaku panitia TA dan skripsi Universitas BSI memaparkan, persyaratan yang harus dipenuhi untuk membimbing TA maupun skripsi yakni dosen telah dua semester mengajar di Universitas BSI, berpendidikan minimal S2, memiliki jabatan fungsional minimal asisten ahli serta lulus sertifikasi TA dan skripsi bagi calon dosen pembimbing.

Sedangkan ketua prodi Teknik Elektro Universitas BSI, Suryanto menyampaikan bahwa ada persyaratan yang harus diketahui oleh mahasiswa yang akan mendaftar TA dan skripsi. Mahasiswa juga harus fokus pada pilihan outline yang ada di masing-masing prodi saat melakukan pendaftaran TA maupun skripsi.

Baca Juga : Adakan Sertifikasi Programmer, Universitas BSI Kolaborasi Dengan LSP

Disisi lain, Miwan K. Hidayat selaku ketua prodi Teknik Industri Universitas BSI mengatakan, penulisan TA dan skripsi mahasiswa harus memperhatikan teknik penulisan yang sesuai kaidah penulisan karya ilmiah serta outline TA dan skripsi yang telah dipilih.

“Dalam penulisan TA maupun skripsi, semua mahasiswa harus perhatikan teknik penulisannya. Sesuai dengan kaidah penulisan karya ilmiah,” ujarnya.(ACH)

Leave A Reply

Your email address will not be published.