Dasar Manajemen Kewirausahaan untuk Staf Yayasan Taman Qur’aniyah, Jakarta

0 8

BSINews, Jakarta-Kegiatan Pengabdian Masyarakat (PM) merupakan salah satu kegiatan Tridharma Perguruan Tinggi yang wajib dilaksanakan oleh para dosen, termasuk para dosen di Prodi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas BSI (Bina Sarana Informatika).  Hal ini seperti yang dilakukan oleh Prodi Manajemen yang melakukan kegiatan PM dengan tema “Dasar Manajemen Kewirausahaan” melalui zom meeting, pada Kamis (3/3).

Frida Aprillia selaku Ketua Tim PM Universitas BSI dibantu anggota tim Alan Budi Kusuma, Iwan Supriyanto, dan Susie Sugiarti serta satu orang melaksanakan  kegiatan PM kepada  para staf Yayasan Taman Qur’aniyah yang berlokasi di Tanjung Barat, Jakarta Selatan.

Baca Juga: PELATIHAN KEWIRAUSAHAAN STRATEGI MEMPERTAHANKAN USAHA PASCA COVID 19

Menurut Frida Aprillia selaku Ketua Tim PM Universitas BSI mengembangkan kewirausahaan merupakan salah satu upaya untuk memanfaatkan waktu dan kegiatan serta modal yang dimiliki seseorang.  Melalui kewirausahaan, seseorang akan menerima balas jasa dan kepuasan serta kebebasan pribadi.

“Seorang wirausahawan perlu memiliki kemampuan untuk mengembangkan kombinasi baru dari berbagai sumber daya di sekitarnya.  Kegiatan pengembangan masyarakat diberikan kepada para staf Yayasan Taman Qur’aniyah dengan tujuan membantu meningkatkan motivasi dan kreativitas mereka dalam melihat peluang untuk bertahan dalam kondisi paska pandemi saat ini,” kata Frida Aprillia.

Ia menambahkan bahwa dalam menentukan potensi usaha merupakan langkah penting dalam merencanakan kegiatan wirausaha.  Mengembangkan ide usaha, menangkap produk/jasa yang paling dibutuhkan orang atau pasar, memahami potensi diri, serta memahami kondisi ekonomi merupakan langkah-langkah yang dilakukan dalam menentukan potensi usaha sesuai dengan kemampuan calon wirausahawan.

Baca Juga: Pelatihan Kewirausahaan Dengan Menggunakan Media Sosial Bagi Para Staf dan Santri di Yayasan Raudhah Syarifah

“Sukses dalam berwirausaha tidak diperoleh begitu saja.  Ada beberapa tahap yang dilalui sebelum suatu usaha berada pada tingkat kesuksesan.  Kegiatan wirausaha terbagi ke dalam empat tahap, yaitu memulai, melaksanakan, mempertahankan dan, terakhir, mengembangkan usaha.  Seorang wirausahawan akan menghadapi tantangan yang berbeda dalam setiap tahapnya,” tutupnya. (RDX)

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.