Menyajikan Presentasi Project Digital Dengan Mudah Menggunakan Aplikasi Online

0 231

BSINews, Jakarta- Dalam rangka menumbuhkan sumber daya manusia yang kompeten di era digital saat ini, dosen Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) mengadakan pelatihan pemanfaatan media digital secara online untuk membantu proses pengembangan kompetensi remaja binaan pada Yayasan Satuasa Peduli Bangsa, Cipayung, Jakarta Timur, pada hari Minggu, (27/3).

Martini  yang merupakan  salah satu tim pengabdian masyarakat  Universitas BSI menerangkan bahwa pada era digital perubahan bisa terjadi dengan sangat cepat dalam berbagai aspek, maka kecepatan implementasi menjadi kunci dalam rangka pemenuhan kebutuhan digital saat ini. Menurutnya sebagai orang teknis, dalam memenuhi kebutuhan Project Digital diperlukan beberapa persiapan yang harus dilakukan agar hasilnya sesuai. Salah satunya adalah penyediaan perangkat keras, perangkat lunak, tim proyek dan transfer knowledge.

Baca Juga: Lolos Program MSIB, Mahasiswa Universitas BSI kampus Tegal Siap Bersaing di Era Digital

“Dalam pelaksanaannya, salah satu hal yang penting dalam keberhasilan suatu Project Digital secara keseluruhan adalah saat melakukan proses desain dan prototyping. Dimana hasil desain dari Project Digital ini menjadi dasar untuk melakukan proses Development. Setelah desain disetujui, selanjutnya adalah pembangunan prototipe sebenarnya yang akan dijadikan rujukan tim developer untuk pembuatan program atau aplikasi,” kata Martini

Ia berharap dengan terlaksanya kegiatan pengabdian ini dapat membantu remaja binaan menyajikan presentasi project digital dengan mudah menggunakan aplikasi online. Seiring meningkatnya kebutuhan akan pengembangan Mobile Apps, maka developer membutuhkan tools yang mudah, ringan dan lengkap secara online dalam melakukan proses presentasi Project Pengembangan Mobile Apps yang akan dibuat. .

“Harapannya, pelatihan ini dapat memberikan manfaat khususnya kepada remaja binaan dalam memberikan mentoring pengembangan kompetensi saat melaksanakan presentasi Project Mobile Apps Development, sehingga remaja binaan dapat lebih profesional dalam membuat dan menampilkan hasil Desain dan Prototyping Project secara online dengan mudah kepada Client kapanpun dan dimanapun,” tambahnya.

Sementara itu, Wahyu Wibowo selaku sekretais Yayasan Satuasa  Peduli Bangsa yang memberikan sambutan, mengungkapkan jika pelatihan ini dapat bermanfaat bagi peserta pelatihan sekaligus memperkenalkan teknologi informasi.

Baca Juga:UBSI Bekali Mahasiswa dengan Seminar Digital Mindset di Era Percepatan Digital 

“Seluruh peserta kegiatan ini tidak hanya mendapatkan teori, akan tetapi juga langsung praktek dengan membuat desain tampilan aplikasi mobile apps, pembuatan prototype dan kolaborasi online pengerjaan satu proyek yang dapat dikerjakan bersama-sama secara real time menggunakan aplikasi figma,” tutupnya. (RDX)

Leave A Reply

Your email address will not be published.