Pengelolaan Keuangan dimasa Pandemi Covid-19 pada Entitas Nirlaba

0 31

BSINews, Depok- Program Studi (Prodi) Akuntansi, Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) mengadakan kegiatan Pengabdian Masyarakat (PM) dengan tema “Pengelolaan Keuangan dimasa Pandemi Covid-19 pada Entitas Nirlaba”,  yang dilakukan secara daring melalui aplikasi zoom meeting dan secara langsung ditempat pengabdian masyarakat, Sabtu (2/4).

Dwiyatmoko Puji Widodo, selaku ketua pelaksana pengabdian Universitas BSI kegiatan menjelaskan pelatihan dalam pengelolaan keuangan yayasan Panti Asuhan Sakinah Depok dan pengelolaan keuangan pribadi sebagai bentuk tanggungjawab diri,  dengan adanya pelatihan dalam pengelolaan keuangan ini diharapkan pada sektor entitas Nirlaba dapat mengalokasikan keuangan yang ada secara efektif dan efisien.

Baca Juga: Tingkatkan Pengelolaan Keuangan Lewat Pelatihan Pembuatan Laporan Keuangan

“Pemilihan tema didasarkan atas kondisi saat ini dalam masa pandemi Covid-19 yang memberi dampak besar terhadap perekonomian terutama pada sektor Nirlaba yang hanya mengandalkan pendapatan untuk operasionalnya dari donatur dan Hibah Pemerintah,” kata Dwiyatmoko.

Sementara itu, M. Andri Maulana  selaku ketua dan sekaligus peserta panti Asuhan Sakinah Depok menjelaskan bahwa dengan adanya kegiatan pelatihan ini dapat membantu pengelolaan keuangan untuk entitas juga pengelolaan keuangan pribadi terutama bagi anak-anak panti dalam pemanfaatan keuangan yang ada secara efektif dan efisien sesuai dengan kebutuhan.

Baca Juga: Pelatihan Pembuatan Laporan Keuangan dengan Microsoft Excel

“Pembuatan laporan keuangan sangat penting dalam pengelolaan keuangan suatu entitas, terutama pada entitas Nirlaba karena laporan keuangan sebagai gambaran bagi donatur dalam melihat realisasi dana yang didonasikan pada entitas tersebut. Accountability dan transparancy merupakan kunci utama bagi donatur untuk memberikan doansi, dengan hal itu perlu pembuatan laporan keuangan bagi suatu entitas terutama entitas Nirlaba,” tutupnya. (RDX)

Leave A Reply

Your email address will not be published.