Strategi Pemasaran Melalui Media Sosial

0 15

BSINews, Bogor-Beradaptasi dengan teknologi kekinian menjadi suatu keharusan di banyak sendi kehidupan. Penggunaan media sosial sebagai salah satu wujud kemampuan beradaptasi dengan teknologi. Media sosial dapat dikelola sedemikian rupa sehingga memberikan manfaat baik bagi kehidupan. Di masa pandemi sekarang, banyak aktifitas yang bisa dijalankan lewat penggunaan media sosial. Salah satu diantaranya adalah kegiatan jual beli barang dan jasa.

Baca Juga: Kupas Tuntas Strategi Pemasaran Melalui Media Sosial
Untuk tujuan tersebut, Fakultas Teknik dan Informatika Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) melakukan kegiatan Pengabdian Masyarakat UMKM Pabuaran dengan tema ‘Sosialisasi Strategi Pemasaran melalui Media Sosial’, pada Minggu,(27/3).

Sosialisasi strategi pemasaran melalui media sosial ini biasa dilakukan dengan menggunakan Instagram, TikTok, Facebook, Twitter, dan Whatsapp. Berbagai media sosoal tersebut merupakan media sosial yang banyak digunakan dalam memasarkan produk dan jasa secara online.

Endang Sri Palupi selaku tutor sosialisasi pengabdian tersebut menegaskan bahwa di perlunya beberapa hal dalam membentuk strategi pemasaran melalui media sosial. Ia menuturkan beberapa hal tersebut diantaranya menentukan target pemasaran, menggunakan hastag, aktif dalam berinteraksi, membuat gambar dan konten yang bagus, menggunakan influencer, serta menghindari kampanye negatif terhadap kompetitor.

Ia juga menambahkan bahwa kegiatan seperti ini perlu sering diadakan agar masyarakat UMKM Pabuaran mendapatkan pembekalan pemasaran produk dan jasa. Selain itu, kegiatan ini menjadi wujud nyata peran dosen dalam mengabdikan ilmu dan keilmuannya sehingga sejalan dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Baca Juga: Pemanfaatan Media Sosial Guna Gencarkan Bank Sampah
“Inilah saatnya masyarakat juga merasakan hadirnya lembaga akademik supaya menambah pengetahuan dan wawasan peserta dari UMKM Pabuaran. Kegiatan ini sangat mencerahkan dan memberikan manfaat serta gambaran yang sangat jelas tentang pemasaran melalui media sosia,”tutupnya. (RDX)

Leave A Reply

Your email address will not be published.