Tarhib Ramadhan Bersama HIMSI

0 22

Pontianak, BSINews–Tarhib ramadhan bersama HIMSI. Bulan suci Ramadhan menjadi bulan yang selalu dirindukan oleh umat islam di seluruh dunia, sebab banyak keberkahannya. Namun, tak cukup hanya sekedar ungkapan bahagia tanpa adanya kegiatan yang bermanfaat. Maka dari itu, Himpunan Mahasiswa prodi Sistem Informasi (HIMSI) Universitas BSI kampus Pontianak, menyelenggarakan Kajian Ramadhan yang sering disebut dengan Tarhib Ramadhan.

Pada kesempatan ini, HIMSI menghadirkan Ustadz Syaiful Anshor, Lc sebagai pemateri yang merupakan wakil direktur Al-Fityan School Kubu Raya. Kegiatan ini mengusung tema “Menguatkan Keimanan dan Solidaritas Sosial Mahasiswa Pasca Pandemi’.

Baca juga: Universitas BSI Akan Berbagi Ilmu di Bulan Ramadhan Bertajuk BSI Peduli

Tarhib Ramadhan

Muhammad Sony Maulana selaku kaprodi Sistem Informasi kampus Pontianak menyampaikan  harapannya agar mahasiswa dapat mengambil ilmu yang bermanfaat dan dapat diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Sabtu, 2 April 2022 pukul 09.00 secara daring melalui zoom dan hadiri oleh 80 peserta.

“Adanya kegiatan ini dapat diambil manfaat dan berkahnya bagi seluruh mahasiswa/i Universitas BSI kampus Pontianak,” katanya dalam sambutan.

Dalam kesempatan ini, kepala kampus Universitas BSI kampus Pontianak, Eri Bayu Pratama mengungkapkan rasa bangga terhadap HIMSI karena jeli dalam melihat peluang.

“Terima kasih untuk HIMSI yang telah mensukseskan tarhib ramadhan ini, dengan terlaksananya kegiatan ini saya berpesan pada mahasiswa agar mampu mengendalikan atau meningkatkan rasa solidaritas antar sesama,” tandasnya.

Sementara itu, dalam materinya Ustadz Syaiful Anshor mengatakan cara kita dalam menyambut bulan suci Ramadhan adalah menguatkan iman dan senatiasa bertaubat serta istigfar.

“Taubat adalah cara untuk mensucikan jiwa dalam rangka mempersiapkan iman. Surah yang menjelaskan tentang Ramadhan yaitu Q.S al-Baqarah ayat 183-187. Tujuan Ramadhan ialah melahirkan individu yang bertakwa,” ujarnya.

Adapun program unggulan di bulan suci Ramadhan yang disebutkan oleh ustadz Syaiful yaitu:

Baca juga: Melalui Berbagi Berkah, Universitas BSI Bagikan Makanan Buka Puasa 2.000 Box Selama Ramadhan

  1. Memperbanyak interaksi kita pada Al-Qur’an dibandingkan bulan-bulan sebelumnya. Contohnya membaca atau tilawah Al-Qur’an, menghapal, memahami dan mentafsirkannya. Perlu diketahui bahwa pada bulan Ramadhan Al-Qur’an diturunkan tepatnya tanggal 17 Ramadhan.
  2. I’tikaf di masjid, khususnya 10 hari terakhir di bulan Ramadhan. I’tikaf sendiri memiliki pengertian menetap di masjid untuk beribadah dan senantiasa mendekatkan diri kepada Allah.
  3. Meningkatkan salat sunah.
  4. Meningkatkan ibadah-ibadah sosial seperti berbagi
  5. Harus merawat amalan-amalan di bulan Ramadhan dan dapat di implementasikan diluar bulan Ramadhan.

“Semoga Ramadhan ini adalah Ramadhan yang terakhir sehingga kita dapat mengoptimalkannya dengan sebaik mungkin,” ungkapnya saat menutup kajian. (UMF)

Leave A Reply

Your email address will not be published.