Dosen Universitas BSI Berikan Pelatihan Pengembangan Layanan Publik untuk Anggota Asosiasi Museum Indonesia

0 11

Jakarta, BSINews – Dalam rangka meningkatkan layanan publik untuk pengunjung museum, dosen program studi (prodi) Penyiaran, Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) melakukan kegiatan pengabdian masyarakat (PM). Mengusung tema Pelatihan Pengembangan Layanan Publik menggunakan Media Sosial, acara ini digelar pada Minggu (27/3) kepada Anggota Asosiasi Museum Indonesia (AMI) DKI Jakarta, Paramita Jaya.

Yusni Mirat Laode selaku tutor PM Universitas BSI mengatakan bagaimana adaptasi new normal dan era digital yang begitu pesat sangat mempengaruhi penggunaan digitalisasi khususnya bagi pelajar dan karyawan yang harus belajar dan bekerja daring.

Baca juga: Strategi Pemanfaatan Tiktok Marketing untuk Bangun Bisnis Online

“Jika biasanya komunikasi tatap muka menjadi salah satu kekuatan dalam ilmu kehumasan, sontak harus tergeser dengan keadaan yang tak memungkinkan banyak orang untuk bertemu. Hal ini membuat kita mau tidak mau, harus beradaptasi dan perlu pembaharuan kemampuan berkomunikasi dan mengolah pesan yang dibawa,” ujarnya dalam rilis yang diterima, Rabu (13/4).

Ia menambahkan hampir semua lini kehidupan terpengaruh oleh hadirnya pandemi covid-19. Segala pekerjaan harus dilakukan secara jarak jauh, sehingga kemampuan untuk menggunakan teknologi pun menjadi mandatori saat ini.

Pengembangan Layanan Publik Museum

Anisti selaku Kaprodi Ilmu Komunikasi sangat mengapresiasi kegiatan ini. Ia berharap lewat pelatihan ini dapat membantu dalam memberikan layanan media sosial pelayanan publik.

“Kami berharap kegiatan ini sangat bermanfaat, khususnya bagi remaja atau pemuda anggota asosiasi, karena bicara pariwisata maka kita bicara komunikasi. Komunikasi pariwisata menjadi peminatan, sehingga lewat pengabdian masyarakat ini akan ada program keberlanjutan,” ungkapnya.

Sementara itu, Amat Kusaini Al Alex selaku Ketua Umum Ikatan Pemandu Museum Indonesia (IPMI) menyambut baik kegiatan ini.

Baca juga: Pencatatan Transaksi Keuangan Untuk Tingkatkan Akuntabilitas Laporan Keuangan

“Kegiatan ini sangat baik, bagaimana pelatihan dari Universitas BSI menjadi kesempatan bagus untuk dapat pelatihan bagi adik-adik SMK yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia,” tutupnya. (LAG) 

Leave A Reply

Your email address will not be published.