Dosen Universitas BSI Bantu Penerapan Teknologi di Lingkungan Desa

0 36

PURWOKERTO, BSINews – Sebagai kaum yang diberi intelektual yang lebih, seorang dosen dituntut untuk memberi kontribusi dari keilmuannya kepada masyarakat. Dalam upaya tersebut, ditetapkan Tridharma Perguruan Tinggi, yang memuat 3 kegiatan wajib bagi para dosen, termasuk sebagai seorang pengajar.

Dalam Tridharma Perguruan Tinggi, dosen berkewajiban melakukan pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Baca Juga : Universitas BSI Gelar Pengabdian Masyarakat Kepada Karang Taruna Kwitang

Bentuk pengabdian tersebut, berupa pemberian materi sesuai dengan bidang keahliannya. Dosen Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) kampus Purwokerto, melakukan Pengabdian Masyarakat untuk perangkat Desa Linggasari, Kecamatan Kembaran, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, pada Sabtu (4/6).

Para dosen, memberikan pelatihan microsoft word, untuk memberikan pengalaman dan pembelajaran, dalam hal pemberkasan yang ada di kantor Desa Linggasari.

“Kami memberikan materi ini, karena kebutuhan dari mitra juga (Desa Linggasari). Tentunya ini membuat kami senang karena kehadiran kami disambut antusias, dan sangat diharapkan,” kata Joko Dwi M, selaku ketua pelaksana panitia Pengabdian Masyarakat (PM), pada Sabtu (4/6).

Sementara itu, Sutrisno, dosen Universitas BSI kampus Purwokerto, menjadi pemateri dalam kegiatan PM ini. Ia berkata, pelatihan Ms. Word untuk perangkat Desa Linggasari menjadi tahap awal bagi mereka memahami penerapan teknologi di lingkungan desa.

“Tidak ada kata terlambat apalagi teknologi saat ini semakin canggih dan memudahkan serta bisa mempercepat penyelesaian pekerjaan,” ujar Joko.

Selain itu, Joko ingin para perangkat desa, bisa mengambil pelajaran yang disampaikan dan diterapkan dalam lingkup pekerjaan sehari-harinya. Hal ini rupanya sesuai dengan tanggapan dari salah seorang perangkat desa yang juga sebagai peserta.

Baca Juga : Dosen Universitas BSI Gelar Pengabdian Masyarakat

Menurutnya, dosen Universitas BSI kampus Purwokerto, berkontribusi membantu dalam penerapan teknologi di lingkungan desa.

“Alhamdulillah dengan pelatihan yang diadakan oleh Dosen Universitas BSI kampus Purwokerto ini, saya akhirnya praktik sendiri mengoperasikan Microsoft word, penyampaiannya pun dapat dengan mudah di mengerti. Para dosen juga turut membantu saya selama pelatihan tersebut. Semoga pelatihan ini dapat berlanjut,” ujarnya.(MKU)

Leave A Reply

Your email address will not be published.