Ini Pentingnya Networking Bagi Entrepreneur Muda

0 3,344

BSINews, Jakarta— Menjadi seorang entrepreneur muda harus bisa menjalin relasi/networking yang baik untuk mendongkrak pertumbuhan bisnisnya. Membuat bisnis, bukanlah suatu hal yang mudah. Banyak jalan yang harus ditempuh, salah satunya dengan membangun networking untuk meraih kesuksesan.

Baca Juga: Universitas BSI Bangun Jiwa Entrepreneur untuk Finalis Puteri Indonesia 2022

Fuad Nur Hasan selaku kepala bagian BSI Entrepreneur Center (BEC) dan Ketua Incubator Center Universitas BSI mengatakan, networking dibutuhkan oleh semua profesi, terutama seorang entrepreneur. Networking sendiri dianggap penting dalam perkembangan karier karena memiliki banyak manfaat.

“Adapun beberapa manfaat jaringan adalah meningkatkan social capital, meningkatkan skill set dan general knowledge, menemukan kesempatan bisnis market, meningkatkan brand awareness, menumbuhkan self-confidence. Networking tidak selalu harus bertemu dengan orang baru. Networking juga dapat dilakukan dengan memperkuat relasi yang sudah ada melalui friend-of-friend mindset,” ujar Fuad dalam rilis yang diterima, Rabu (8/6).

Menurutnya, dalam menentukan target networking yakni dengan cara membangun aset pribadi dan bangun koneksi dengan orang yang dapat membantu dan dibantu. Jangan tunggu orang lain menghampiri, namun mulailah dari diri sendiri. Untuk memaksimalkan circle terdekat, perkuat relasi yang sudah terjalin sebelum mengembangkan kuantitas networking. Dengan networking yang berkualitas, kuantitas networking akan tumbuh secara organik.

Berikut beberapa tips membangun bisnis yang kuat:

1. Perbanyak relasi dan kenalan

Kesuksesan dalam membangun jaringan bisnis yang kuat, para pelaku bisnis memulainnya dari sebuah perkenalan yang akhirnya menjadi relasi. Untuk bertemu dengan banyak orang, dapat mengikuti acara seminar atau workshop yang memberikan peluang besar bertemu dengan berbagai latar belakang orang yang berbeda-beda. Sehingga memberikan kesempatan untuk memperbanyak kenalan dan membangun relasi dalam mengembangkan bisnis.

2. Melakukan duplikasi

Duplikasi menjadi proses penting dalam meniru langkah atau strategi orang yang telah sukses dalam membangun bisnis. Ingat, kesuksesan yang telah diraih oleh entrepreneur besar saat ini, juga mengikuti strategi yang dilakukan oleh pendahulunya.

3. Berikan dukungan kepada rekan bisnis

Dalam membangun sebuah bisnis, akan ada beberapa masalah yang tak dapat diselesaikan sendiri bermunculan, begitu pula dengan rekan bisnis. Jika ingin membuat jaringan bisnis yang kuat, sediakan waktu untuk saling memberikan dukungan atau support kepada rekan bisnis.

4. Saling berbagi aktivitas

Berbagi ilmu atau pengalaman yang dikuasai kepada orang lain merupakan hal tepat dalam membangun bisnis. Dengan berbagi sesuatu dalam sebuah workshop, seminar atau forum, akan membangun networking bisnis dengan orang-orang yang memiliki ketertarikan dalam bidang yang sama.

5. Pergunakan sosial media

Sosial media menjadi alat yang dapat digunakan untuk memperoleh jaingan bisnis. Jaringlah networking dengan orang-orang yang ada diluar pertemanan, namun memiliki ketertarikan dengan bisnis.

6. Bangun sikap percaya diri

Membangun kepercayaan diri menjadi tameng yang penting dalam memulai komunikasi. Kurangnya kepercayaan diri dalam berkomunikasi dapat menjadi penghalang dalam memperluas relasi. Terlebih, perasaan malu untuk bertemu orang pertama kali, padahal orang tersebut merupakan peluang besar dalam membangun bisnis.

7. Jangan lupakan berbagi kartu nama

Kartu nama senjata ampuh dalam memperluas networking bisnis. Bagi entrepreneur muda, jangan segan untuk meminta rekan bisnis dalam bertukar kartu nama, baik dalam forum, workshop, maupun seminar. Hal ini, agar bisnis yang dibangun semakin dikenal banyak orang dan memiliki relasi yang banyak.

Sementara itu, Fuad mengabarkan, Universitas BSI akan menggelar bursa kerja yang dikombinasikan dengan entrepreneur, startup, innovation dan internship. Kegiatan ini akan digelar pada 27-28 Juli 2022 mendatang, secara hybrid (offline dan online), bertempat di BSI Convention Center, Kaliabang, Bekasi.

Baca Juga: BSI DiginoFest 2022 Kolaborasikan Karir, Entrepreneur, Startup dan Inovasi

“Kamu semua bisa memanfaatkan momen tersebut untuk menambah relasi. Selain itu, ada bursa kerja dan internship. Bahkan nanti dalam rangkaian acaranya akan industrial sharing dengan topik yang beragam,” jelas Fuad.

Bagi kalian yang ingin lebih tahu info lebih lanjut tentang Diginofest, bisa kunjungi laman https://bsidiginofest.com. (RDX)

Leave A Reply

Your email address will not be published.