Mengenal Profesi Data Scientist, Gaji dan Jurusan Kuliah yang Sesuai

Mengenal Profesi Data Scientist, Gaji dan Jurusan Kuliah yang Sesuai

0 18

Jakarta, BSINews – Kemajuan teknologi, memberikan dampak yang besar dalam pemanfaatan sumber daya manusia untuk dunia industri. Di sisi lain, hal ini mendongkrak efisiensi produksi guna memenuhi permintaan konsumen atas layanan, produk bahkan industri yang mengakibatkan sejumlah profesi digantikan oleh teknologi. Walaupun banyak profesi diganti oleh teknologi atau mesin, hal yang sama juga mengakibatkan beberapa profesi baru bermunculan, salah satunya profesi data scientist.

Melansir dari laman Oracle.com, profesi data scientist merupakan profesi yang melakukan pengembangan strategi untuk menganalisis data, menyiapkan data untuk analisis dan memvisualisasikan serta membangun model dengan menggunakan bahasa pemrograman dan menerapkan model ke dalam aplikasi.

Baca juga : Universitas BSI Ajak Mahasiswa Belajar Data Science Tanpa Coding

Sementara menurut US Bureau of Labor Statistic, pertumbuhan data science semakin meningkat. Sehingga profesi data scientist masuk kedalam 20 pekerjaan dengan pertumbuhan tercepat hingga 10 tahun kedepan.

Di Indonesia, pekerjaan data science meningkat drastis. Berdasarkan dari catatan LinkedIn sejak 2021 tercatat lebih dari 1000 lowongan terbuka untuk pencarian data science. Namun, sulitnya mencari data scientist di Indonesia, membuat profesi ini sangat menjanjikan. Menurut Glassdoor.com, gaji data scientist di Jakarta rata-rata mencapai 12 juta perbulannya, dengan gaji paling tinggi 20 juta per bulan.

BRI TECH - Mengenal Profesi Data Scientist: Pengertian, Fungsi, dan  Perannya di BRI - BRI TECH

Baca Juga : Tingkatkan Kompetensi Mahasiswa, Lewat Workshop Machine Learning on Knime

Jurusan Kuliah Untuk Profesi Data Scientist

Jurusan kuliah apa saja sih yang bisa mengantarkan menjadi seorang data scientist? Menurut Dr. Didi Rosiyadi selaku Dekan Fakultas Teknik dan Informatika Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) mengatakan, untuk menjadi seorang data scientist, jurusan kuliah yang sesuai adalah sistem informasi, ilmu komputer, teknologi informasi dan teknologi komputer.

“Profesi data scientist harus memiliki kemampuan statistika, memahami bahasa pemrograman, data extraction, transformation, loading, data wrangling, machine learning, data visualization, tracking data, data pipelines, business intelligence dan lainnya. Sehingga profesi data scientist sangat cocok untuk mereka yang mengambil kuliah dengan jurusan IT, seperti Sistem Informasi, Ilmu Komputer, Teknologi Informasi hingga Teknologi Komputer,” ungkap Didi, Selasa (9/8).

Baca Juga : Beri Pelatihan Tool Orange, Universitas BSI Sukses Adakan Webinar Dalam Pengolahan Data

Semua jurusan kuliah yang mendukung untuk mendapatkan profesi data scientist dimiliki oleh Universitas BSI dibawah Fakultas Teknik dan Informatika. Saat ini, Universitas BSI memberikan kesempatan untuk menjadi data scientist dengan membuka Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB), periode kuliah bulan September 2022.

Segera daftarkan diri melalui aplikasi PMB UBSI atau kunjungi https://bsi.pmbonline.id/. Dengan biaya kuliah yang dapat dicicil dan terjangkau, Universitas BSI siap mencetak calon data scientist di Indonesia.

Leave A Reply

Your email address will not be published.