Universitas BSI Lakukan Sosialisasi Komunikasi Kelompok yang Efektif Bersama Para Santri Remaja

Bersama santri remaja dari Majelis Talim Hidayatul Mubtadi’in Kecamatan Ciledug, Kelurahan Paninggilan Utara, Kota Tangerang

0 15

TANGERANG, BSINews – Dosen Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) melakukan kegiatan sosialisasi komunikasi kelompok yang efektif bersama para santri remaja. Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk pengabdian kepada masyarakat (PM) yang merupakan kegiatan rutin dari para dosen Universitas BSI.

Kegiatan PM ini dilakukan bersama para santri remaja dari Majelis Talim Hidayatul Mubtadi’in Kecamatan Ciledug, Kelurahan Paninggilan Utara, Kota Tangerang. Kegiatan bertema ‘Sosialisasi Komunikasi Kelompok Yang Efektif Dalam Memberdayakan Remaja Majelis Ta’lim Hidayatul Mubtadiin’ ini terselenggara secara hybrid, Minggu (11/9).

Pelaksana kegiatan sosialisasi komunikasi kelompok ini merupakan dosen dari Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Komunikasi dan Bahasa Universitas BSI. Mereka adalah Sari Ekowati, Deby Puspitaningrum, dan Priatna. Di samping itu, mereka juga dibantu oleh mahasiswa Universitas BSI, yakni Inas Zhafirah dan Muchammad Raendra Kusuma.

Baca Juga : Lewat Pemahaman Literasi Digital, Dosen Universitas BSI Sukses Laksanakan Pengabdian Masyarakat

Sosialisasi komunikasi kelompok yang efektif

Sari Ekowati selaku ketua kegiatan sosialisasi mengatakan bahwa para santri remaja perlu mengetahui tentang ciri kelompok yang baik. Karena, keseharian mereka yang tak terlepas dari interaksi satu sama lain dalam suatu kelompok.

“Kelompok yang baik adalah kelompok yang mampu memberikan kesempatan pada individu-individu yang ada di dalamnya untuk mengaktualisasikan diri, sehingga kelompok dapat menjadi perwujudan dari individu-individu dalam kelompok,” kata Sari dalam keterangan rilis (13/9).

Adanya pemahaman dari para santri remaja tentang komunikasi kelompok akan memperlancar interaksi mereka dalam kesehariannya. Selain itu, akan tercapai tujuan yang diharapkan dari kelompok.

“Kegiatan Sosialisasi Komunikasi Kelompok ini diharapkan dapat menyadarkan masyarakat, dalam hal ini para santri remaja, bahwa sangat penting bagi mereka untuk memiliki kemampuan komunikasi kelompok yang efektif,” tambahnya.

Selain itu, Deby Puspitaningrum selaku pemateri menjelaskan bahwa komunikasi kelompok yang efektif adalah yang dapat menyelaraskan ide dan pemikiran. Sehingga sesama anggota kelompok akan semakin akrab dan akan terbentuk kelekatan dalam kelompok.

“Komunikasi kelompok yang efektif sangat diperlukan dalam pembicaraan secara terbuka atau diskusi tentang isu-isu penting dan sensitif menurut para anggota kelompok. Hal ini bertujuan agar tidak terjadi perselisihan yang serius antara sesama anggota kelompok,” ujar Deby.

Pada kesempatan yang sama, Priatna. memaparkan materi tentang indikator komunikasi kelompok. Menurutnya terdapat empat aspek yang menjadi indikatornya, yaitu solidaritas, intensitas, tindakan komunikatif, dan motivasi.

Baca Juga : Beri Tips Pemasaran Secara Daring, Dosen Universitas BSI Sukses Gelar Pengabdian Masyarakat

“Integritas atau solidaritas merupakan kekompakan dan rasa memiliki dalam kelompok yang dapat terlihat dari adanya rasa empati dan saling mendengarkan satu sama lain. Intensitas merupakan banyaknya proses komunikasi yang berlangsung. Tindakan komunikatif merupakan tindakan komunikasi antar anggota kelompok untuk mencapai tujuan bersama. Sementara itu, motivasi diperlukan untuk meningkatkan kinerja kelompok,” tutur Priatna.

Di samping itu semua, turut hadir juga Kepala Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Komunikasi dan Bahasa, Universitas BSI, Anisti. Ia mengatakan sekilas mengenai kegiatan pengabdian masyarakat Universitas BSI yang senantiasa bertujuan untuk memberi manfaat kepada masyarakat.

“Kegiatan pengabdian masyarakat ini senantiasa intens dilakukan Universitas BSI agar masyarakat dapat lebih merasakan manfaatnya. Dengan begitu, hubungan baik antara masyarakat dengan Universitas BSI pun semakin terjalin erat,” tutup Anisti.

Leave A Reply

Your email address will not be published.