Dosen Universitas BSI Sukses Berikan Pelatihan Pengemasan Produk Pada Koperasi Wanita Astiri

0 9

BOGOR, BSINews – Melalui pelatihan pengemasan produk, dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) telah sukses melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat. Mengingat, pelatihan pengemasan produk ini sangat penting dalam membuat kemasan produk yang mampu meningkatkan daya tarik pembeli.

Kemasan atau packaging produk tidak hanya berfungsi sebagai wadah atau pelindung produk saja. tetapi juga berfungsi untuk membangun kepercayaan konsumen, media promosi produk, dan memperkuat karakteristik produk. Produk yang dikemas dengan unik dapat memicu ketertarikan konsumen dan menciptakan kesan positif terhadap produk.

Baca Juga : Dosen Universitas BSI Sosialisasikan Dampak Buruk Bermain Game Bagi Anak

Pelatihan pengemasan produk

Kegiatan pengabdian masyarakat Universitas BSI ini mengusung tema “Pelatihan Pengemasan Produk Bagi Pelaku Bisnis UMKM Koperasi Wanita Astiri Kabupaten Bogor”. Bersama para anggota dari Koperasi Wanita Atsiri Kabupaten Bogor, kegiatan PM ini terselenggara secara hybrid pada Sabtu (10/9) silam.

Lilik Yuliawati selaku ketua pelaksana menuturkan bahwa sebagai pelaku bisnis UMKM, Koperasi Wanita Atsiri perlu memiliki nilai tambah pada produk-produknya. Salah satunya adalah dalam hal pengemasan produk, dengan begitu mereka dapat bersaing dengan para kompetitor dalam memasarkan produknya.

“Visual produk yang menarik dapat menjadi salah satu alasan konsumen dalam membeli suatu produk. Tentunya desain dan warna kemasan pun ikut mempengaruhi. Konsumen yang puas akan berkeinginan untuk membuat testimoni di sosial media mereka. Sehingga, secara tidak langsung turut mempromosikan produk tersebut dengan cuma-cuma,” tutur Lilik dalam keterangan rilis (14/9).

Pada kegiatan ini para peserta diberi penjelasan serta contoh mengenai teknik pengemasan produk berupa makanan dan minuman kemasan. Setelah itu, mereka diajak untuk mempraktikkan secara langsung teknik pengemasan produk yang telah disampaikan.

“Acara seperti ini sangat berguna untuk kami sebagai pelaku bisnis UMKM. Karena di sini kami bisa belajar mengemas bagaimana produk yang sebenarnya biasa dan umum dijual di luaran menjadi terlihat lebih menarik dan eksklusif sehingga bisa dijual dengan nilai yang lebih tinggi,” ungkap Azizah sebagai salah satu peserta pelatihan pengemasan produk ini.

Baca Juga : Pelatihan Surat Menyurat, Dosen Universitas BSI Gelar Pengabdian Masyarakat Kepada Warga Cikampek

Pada kesempatan kali ini, masing-masing peserta mempraktikkan langsung kegiatan mengemas produk nasi kuning menjadi tumpeng mini agar terlihat lebih menarik. Dengan tampilannya yang lebih menarik dibanding dengan kemasan biasa pada umumnya, akan meningkatkan nilai jual pada nasi uduk tersebut.

“Melalui kegiatan ini, diharapkan tim pengabdian masyarakat dari Universitas BSI dapat memberikan bekal yang bermanfaat tentang tips dan trik pengemasan produk yang menarik kepada para peserta sehingga dapat digunakan di kemudian hari untuk meningkatkan penjualan produk pada Koperasi Wanita Atsiri,” pungkas Lilik.

 

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.