Gunakan Teks Dasar dan Shape Dalam Membuat Presentasi yang Menarik

0 33

Jakarta, BSINews – Sekelompok dosen Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) melaksanakan pengabdian masyarakat yang dilaksanakan secara luring kepada pengurus dan staf pengajar TKQ/TPQ Kecamatan Tanjung Priok, Sabtu (8/10).

Pengabdian Masyarakat yang berfokus pada pelatihan penggunaan teks dasar dan shape pada powerpoint dalam membuat presentasi menarik ini berlokasi di aula madrasah TPQ Upeka VI, jalan Sungai Bambu II B nomor 24 RT 06/ RW 08, Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Baca juga: Pelatihan Merancang Desain Iklan Menggunakan PowerPoint

Pelatihan ini diketuai oleh Ghofar Taufik dengan beranggotakan Dewi Laraswati sebagai tutor yang dibantu oleh Maisyaroh dan Budi Santoso. Kegiatan ini juga didukung oleh beberapa perwakilan mahasiswa Universitas BSI, diantaranya Astifa Deswanti Talosi, Muhammad Rifqi Irwandy, Rasyid, Hafizh Gibran Maulana, Rafi’i Rangga, Muhammad Rizky Aditia Ramadan, Muhammad Ikhsan, dan Muhammad Syamil,

Pelatihan Penggunaan Teks Dasar dan Shape

Menurut Ghofar, tuntutan pengembangan sumber daya manusia yang disertai kreativitas disegala bidang salah satunya yaitu dalam membuat presentasi. Gambar sebagai salah satu elemen desain yang dapat digunakan untuk membuat slide presentasi yang menarik bagi audiens.

“Namun seringkali mengalami kesulitan menggunakan gambar ataupun teks untuk slide presentasi. Ada banyak faktor yang menyebaban kita kesulitan dalam membuat presentasi yang menarik diantaranya yaitu ketidaktahuan bagaimana pemanfaatan tools yang ada serta cara pengaplikasian teks dan shape secara menarik,” tutur Ghofar, Sabtu (8/10).

Lanjutnya, akibatnya pesan presentasi di dalam slide tersebut tidak tersampaikan dengan baik oleh audiens. Salah satu yang bisa dilakukan yaitu dengan memberi ruang di dalam slide sebagai tempat untuk mengekpresikan kalimat ringkas atau kata kunci untuk menampilkan pesan presentasi.

Sementara itu, Dewi menjelaskan bahwa microsoft powerpoint tidak kalah dengan berbagai aplikasi desain lainnya semenjak fitur merge shape dapat dioptimalkan untuk mendesain slide presentasi yang menarik.

“Hal ini merujuk pentingnya keterampilan khusus bagi pengurus dan staf pengajar TKQ/TPQ Kecamatan Tanjung Priok dalam rangka pengembangan kompetensi sumber daya manusia terutama pada pembuatan bahan presentasi menggunakan microsoft powerpoint, contohnya dalam pengaplikasian penggunaan kreativitas teks dan shape dalam membuat slide presentasi,” pungkasnya.

Baca juga: Pelatihan Dasar Penggunaan Ms. Powerpoint untuk Membuat Presentasi Menarik

Ia mengatakan, tentunya pelatihan ini akan sangat membantu dalam mendukung kreativitas pekerjaan dan diharapkan para pengurus dan staf pengajar TKQ/TPQ Kecamatan Tanjung Priok setelah pelatihan ini memiliki kemampuan dan keterampilan baru.

“Terutama dalam penerapan teknologi informasi sebagai sarana yang dapat berpengaruh dalam kreativitas bekerja serta dapat menghasilkan sebuah slide presentasi yang menarik bagi audiens dengan pemanfaatan kreativitas teks dan shape,” tandasnya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.