Universitas BSI Gelar Coaching Clinic Penulisan Publikasi Internasional Sesi 1

0 111

Sukabumi, BSINews — Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) sebagai Kampus Digital Kreatif, sukses melaksanakan kegiatan Coaching Clinic Penulisan Publikasi Internasional. Kegiatan ini merupakan kolaborasi antara program studi (prodi) Sistem Informasi Akuntansi dengan LPPM Universitas BSI kampus Sukabumi, yang digelar melalui zoom, pada Jumat (7/10) silam.

Wakil Rektor I Bidang Akademik Universitas BSI, Diah Puspitasari dalam sambutannya mengatakan tujuan kegiatan ini untuk membantu dosen dalam menyusun penelitian publikasi internasional dan sebagai bentuk diskusi serta bimbingan dalam penyusunan penelitian yang akan dipublikasikan secara internasional, agar dapat menghasilkan penelitian ilmiah yang berkualitas.

Baca juga : Universitas BSI Kampus Sukabumi Gelar Coaching Clinic Penulisan Publikasi Internasional bagi Dosen

“Dosen memiliki kewajiban untuk melaksanakan penelitian salah satunya untuk mencapai tujuan publikasi internasional. Maka dari itu untuk mendukung dosen melakukan penelitian dengan menghasilkan penelitian yang baik dan berkualitas dalam publikasi internasional, perlu adanya coaching untuk mencapai tujuan tersebut,” kata Diah dalam rilis yang diterima, Kamis (20/10).

Coaching Clinic Penulisan Publikasi Internasional Sesi 1

Hadir sebagai narasumber, Sumanto menjelaskan tips dan trik preparasi dan submit artikel ke jurnal internasional bereputasi yaitu mencari target jurnal tujuan. Kemudian penentuan topik penelitian dengan menemukan survey/review paper (SLR, SMS) karena survey/review paper yang masuk jurnal terindeks pasti membahas satu topik penelitian.

Menurutnya, untuk memilih topik penelitian yang baik, usahakan cari penelitian yang dapat konsentrasi penuh pada method improvement. Tidak harus pontang-panting menjelaskan tentang obyek organisasi ataupun mencari dataset.

Baca juga : Memahami Strategi Branding dan Marketing Melalui Workshop & Coaching Universitas BSI

“Penelitian yang baik itu tidak cukup hanya dengan mengubah metode atau alat pengolahan data saja, tetapi harus bisa menghasilkan penelitian yang berkualitas dan memiliki novelty,” jelas Sumanto.

Ia berharap melalui kegiatan coaching clinic ini, para dosen peneliti dapat menghasilkan penelitian ilmiah yang berkualitas dan selain itu dapat meningkatkan jumlah partisipasi dosen dalam publikasi artikel ilmiah bereputasi internasional. (LAG)

Leave A Reply

Your email address will not be published.