Cara Sukses Menjadi Public Speaker Dan MC yang Handal

0 97

BSINews, Jakarta —Keahlian dalam berkomunikasi salah satunya dapat dibuktikan melalui kepiawaian berbicara di depan public (public speaking). Dibutuhkan pengetahuan khusus tentang bagaimana menjadi seorang public speaker yang handal, dan salah satu implementasinnya dapat kita lihat pada profesi master ceremony (MC).

Baca Juga: Manfaat Public Speaking bagi Aspek Kehidupan

Hal ini yang mendorong Dosen Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) mengadakan kegiatan pengabdian masyarakat, Minggu (23/10/2022), yaitu pelatihan mengembangkan kemampuan public speaking dan mc bagi pengurus Karang Taruna Bambu Apus Jakarta Timur.

 

Kegiatan yang berlokasi di RPTRA Gebang Sari ini diikuti oleh lebih dari 15 peserta, dan tampil sebagai narasumber Dian Muhammad Anwar yang merupakan dosen Universitas BSI.

 

Slamet Heri Winarno selaku penanggung jawab acara dalam sambutannya mengatakan tujuan dari kegiatan tersebut sebagai wujud kepedulian dosen-dosen Universitas BSI  untuk berbagi pengetahuan tentang public speaking.

 

“Kegiatan ini selain sebagai wujud pelaksanaan Tri Darma dosen, juga sebagai implementasi sharing knowledge tentang illmu  public speaking bagi para anak muda agar memiliki keahlian berbicara di depan public”, ungkapnya

 

Sementara itu Desta mewakili Lurah Bambu Apus menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada para dosen Universitas BSI  yang telah meluang waktu untuk memberikan kesempatan bagi para pengurus Karang Taruna mempelajari ilmu public speaking.

 

“Atas nama pak Lurah kami sangat berterima kasih kepada dosen Universitas BSI  untuk mau membagi pengetahuannya kepada karang taruna disini dalam mempelajari public speaking, semoga kegiatan ini dapat berlanjut terus di masa depan,” ujar Desta.

 

Dian selaku pembicara mengungkapkan bahwa kemampuan public speaking dewasa ini menjadi sesuaitu yang penting dan dibutuhkan. Kapasitas seseorang dapat diketahui melalui caranya berbicara, dan untuk mampu melakukannya perlu ada latihan khusus mengenai kiat menjadi seorang public speaker dan mc yang mumpuni.

 

“Coba sekarang kita saksikan baik di media televisi, media online dan kegiatan-kegiatan banyak sekali orang-orang yang hebat dalam berbicara di depan orang, dan untuk menjadi seperti itu tentunya kita perlu melatih diri kita dengan ilmu public speaking”, imbuhnya.

 

“Dibutuhkan keinginan yang kuat dalam diri Anda, jangan takut, jangan minder dan selalu fokus pada apa yang ingin Anda sampaikan. Belajar pula bagaimana mengendalikan audiens yang ada di depan Anda itu, buat mereka terkesan dengan apa yang Anda ucapkan”, lanjut Dian dengan penuh semangat.

 

Pada kesempatan itu, Dian juga meminta peserta untuk mempraktekkan kemampuan public speaking dan mc mereka setelah diberikan kiat-kiatnya. Seluruh peserta sangat antusias mengikuti setiap instruksi dan arahan yang diberikan.

Baca Juga: Dosen Universitas BSI Berikan Pelatihan Public Speaking untuk Anggota Asosiasi Museum Indonesia

“Peserta kegiatan ini mengungkapkan perasaan senang mereka karena banyak ilmu dan pengetahuan tentang public speaking dan menjadi mc ini yang sebelumnya tidak pernah mereka dapatkan, dan harapannya ke depan akan ada lagi pelatihan-pelatihan seperti ini,” tutupnya.(RDX)

Leave A Reply

Your email address will not be published.