Penerapan Algoritma Naive Bayes Dalam Memprediksi Penyakit Lambung

0 166

Jakarta, BSINews — Setiap  manusia  tidak  tertutup  kemungkinan  untuk terkena  penyakit. Lambung menjadi salah satu penyakit yang paling banyak diderita oleh orang Indonesia. Kerapkali, penyakit ini juga dianggap sepele bagi penderitanya, namun jika terus dibiarkan, penyakit ini dapat menyebabkan kematian.

Baca juga : Penerapan Algoritma Regularized Discriminant Analysis untuk Klasifikasi Kanker Paru

Penyakit ini biasanya  disebabkan  oleh  pola  makan  yang  kurang  baik. Untuk  mengetahui  jenis  penyakit  lambung  apa  yang  sedang  di  derita,  pasien  harus melakukan   pemeriksaan   diri   ke   rumah   sakit   atau   ke   klinik,   namun   karena keterbatasan waktu untuk melakukan pemeriksaan kerumah sakit atau ke klinik.

Algoritma Naive Bayes

Sehingga diperlukan sebuah metode dan tools yang mampu memprediksi  penyakit pada lambung dengan mempertimbangkan gejala yang diderita oleh pasien, sehingga akan  mempermudah  proses  dalam  memprediksi  penyakit  pada  lambung.

Algoritma Naïve Bayes merupakan salah satu algoritma yang menerapkan metode klasifikasi data mining yang dapat diterapkan untuk memprediksi penyakit lambung. Lewat penelitian ini, penyakit lambung yang diteliti terbagi menjadi 3 jenis, yakni Dispepsia, GERD dan Gastritis.

Penelitian ini juga menghitung probabilitas dengan menerapkan beberapa variable, seperti mual, nyeri ulu hati, kembung, muntah, nyeri dada, mudah kenyang, tinja warna hitam, sakit perut, batuk kering, perut kembung, muntah darah dan radang mulut.

Baca juga : Deteksi Penyakit Diabetes dengan Ensemble Adaboost dan Bagging

Berdasarkan analisa dan perhitungan dengan menggunakan algoritma Naïve bayes memberikan tingkat akurasi kebeneran sebesar 75% dengan nilai area under the curve (AUC) sebesar 0,852. Hal ini menunjukkan ahwa  model tersebut  termasuk  dalam  kategori  klasifikasi  baik  karena  memiliki  AUC  antara  0.80-0.90.

Serta,  Algoritma Naive  Bayes  merupakan  salah  satu  algoritma  dari  metode  klasifikasi  data  mining  yang  dapat  digunakan  untuk memprediksi  penyakit  lambung,  karena  telah  dibuktikan  melalui  penerapan  pada  tools  rapidminer  dengan memperoleh hasil akurasi yang baik.

 

Penulis: Jefi, Dosen Program Studi Teknologi Informasi, Fakultas Teknik dan Informatika, Universitas BSI. (LAG)

Leave A Reply

Your email address will not be published.